Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2023, 10:20 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di dunia kuliner, cita rasa adalah faktor yang sangat menentukan apakah sebuah hidangan akan disukai atau tidak. Namun hal lain yang tidak kalah penting adalah tampilan saat menyajikan makanan.

Makanan lezat bila tidak disajikan dengan bagus, mungkin kurang menggugah selera. Sebaliknya, makanan yang rasanya biasa saja tapi disajikan dengan baik, akan membuat orang tergoda mencicipinya.

Menyajikan makanan bisa dianggap sebagai seni yang melibatkan makanan itu sendiri beserta alat-alat makan yang mendampinginya.

Sebagian dari kita tentu pernah merasakan bagaimana piring berwarna-warni, cangkir cantik, dan peralatan makan secara ajaib bisa meningkatkan selera kita, memberi kesan mewah atau eksotis, yang akhirnya memberi citarasa tinggi.

Koleksi Clayo Indonesia Koleksi Clayo Indonesia
Dalam hal penyajian hidangan, tableware, atau perlengkapan makan, adalah elemen penting dalam seni kuliner. Bukan hanya sebagai wadah untuk makanan tetapi juga sebagai kanvas di mana seorang koki atau tuan rumah mengekspresikan kreativitas mereka.

Tableware bisa disebut alat magis yang membawa elemen estetika ke dalam ruang makan. Karenanya pilihan alat makan ini bukanlah hal yang remeh temeh.

Berawal dari gagasan di atas, PT. Indo Porcelain merilis brand terbarunya, Clayo Stoneware yang menyediakan tableware elegan sekaligus fungsional dengan desain khusus untuk mempercantik meja makan.

Dengan tagline “Dress your dining fussion” Clayo menghadirkan tableware dengan bentuk unik dan berbeda untuk memaksimalkan hasil plating sebuah hidangan, membangkitkan selera, dan menambahkan sentuhan mewah pada pengalaman kuliner.

Koleksi Clayo Indonesia Koleksi Clayo Indonesia
Produk-produk tableware Clayo dibuat menggunakan tangan dengan inspirasi yang diambil dari alam dan adat istiadat Indonesia, seperti filosofi yang dianut: “Merangkum seni dari alam Indonesia”.

Clayo juga menggandeng Chef Sergio Satue Barreiros, chef pemilik Six Senses, sebuah restoran fine dining di Yogyakarta, untuk bekerja sama menghadirkan koleksi khusus.

“Kami memilih bekerja sama dengan Chef Sergio karena dia adalah sosok yang memiliki passion yang sama dengan kami. Selain itu dia juga perfeksionis, sehingga sesuai dengan keinginan kami untuk menyediakan tableware dengan kualitas terbaik,” kata Tjandra Suwarto di konferensi pers dan grand launching Clayo Indonesia pada Rabu (25/10/2023).

Koleksi Clayo Indonesia Koleksi Clayo Indonesia
Chef Sergio pun mengungkapkan bahwa Clayo Indonesia sejalan dengan visinya untuk memuaskan pelanggan. “Dengan desainnya yang eksotis, Anda pasti akan terdorong untuk membuat menu dengan plating yang baik dan akan berpikir apa yang akan Anda letakkan diatas piring itu,” ujarnya.

Produk-produk Clayo Indonesia dibuat secara teliti dan cermat dengan proses pembakaran dua kali yang bertujuan untuk meningkatkan durabilitas produk sehingga lenih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Tjandra Suwarto menyebutkan bahwa Clayo bersedia menerima request desain produk dari pelanggan dengan kustomisasi personal yang diharapkan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com