Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalender Lunisolar Unik di Dalam Arloji H. Moser & Cie

Kompas.com - 31/10/2023, 21:07 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merek jam tangan ternama asal Swiss, H. Moser & Cie lagi-lagi membuat inovasi arloji unik.

Kali ini mereka mengeksplorasi kerumitan kalender pada koleksi jam tangan teranyarnya yang diberi nama "Endeavour Chinese Calendar Limited Edition".

Jam tangan itu dibuat atas kerja sama dengan pembuat jam, Agenhor SA untuk menggunakan kalender lunisolar yang menggabungkan dua perhitungan yakni pergerakan Bulan (lunar) dan Matahari (Gregorian) dalam satu penunjuk waktu. 

Keunikan ini pun membuat arloji teranyarnya itu hanya memerlukan penyesuaian setiap 12 tahun sekali.

Dilansir dari laman Lifestyle Asia, jam tangan ini adalah konsep perpaduan budaya Timur dan Barat karena kalender Gregorian dan China bersatu dalam dua jalur untuk kalender lunisolar.

Mereka menggabungkan elemen kalender matahari dan bulan yang dihitung secara terpisah, kemudian menyinkronkannya.

Kompleksitas jam tangan ini dapat terlihat ketika ada perhitungan sistem bulan yang mengacu pada 29 atau 30 hari, sesuai dengan fase bulan yang butuh 29,5 hari saat mengorbit Bumi.

Dengan demikian, satu tahun kalender bulan rata-rata berlangsung selama 354,36 hari, atau 10,88 hari lebih sedikit dibandingkan satu tahun kalender Matahari.

Baca juga: Kreasi H. Moser & Cie dengan Fitur Kalender Abadi yang Bersahabat 

Jam tangan Endeavour Chinese Calendar Limited Edition dari H. Moser & Ciedok. Lifestyle Asia Jam tangan Endeavour Chinese Calendar Limited Edition dari H. Moser & Cie

Untuk menghindari selisih perbedaan hari, kalender lunisolarnya memiliki bulan ke-13 setiap dua hingga tiga tahun.

Periode waktu ini dikenal sebagai bulan "embolismik" yang ditambahkan untuk menjaga keselarasan bulan dengan tahun matahari dan pergerakan empat musim.

Kedua tampilan kalender digabungkan dalam tata letak yang simetris, dan logo zodiak Tiongkok pada tahun itu ditampilkan di bawah angka 12.

Dial yang bernuansa Midnight Blue  memiliki dua aksen bulan sabit saling berhadapan sebagai penunjuk tanggal dan bulan dalam satu tahun serta ditempatkan pada case berukuran 40 mm yang terbuat dari material red gold 5N.

Jam tangan Endeavour Chinese Calendar Limited Edition dari H. Moser & Ciedok. Lifestyle Asia Jam tangan Endeavour Chinese Calendar Limited Edition dari H. Moser & Cie

Arloji ini ditenagai mesin kalibre otomatis HMC 210 dengan kecepatan 21.600 getaran setiap jam yang memberi daya penunjuk waktu serta cadangan daya sampai tiga hari.

Mesin jam tangan ini pun memiliki osilasi bermaterial emas 18 K yang solid, partisi hairspring dari Original Straumann dan dihiasi garis vertikal ikonik khas Moser.

Menghiasi tampilannya secara keseluruhan, Endeavour Chinese Calendar Limited Edition dilengkapi strap kulit aligator dengan detail jahitan yang serasi dengan folding casp (gesper pengait) bernuansa red gold.

Dengan harga 75.572 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar, arloji Endeavour Chinese Calendar Limited Edition hanya dibuat 100 unit dan bisa didapatkan di butik resmi serta jaringan mitra dari Moser di seluruh dunia.

Baca juga: Karya Baru Panerai dengan Fitur Kalender Abadi 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com