Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Tanaman Pakis Jadi Warna Cokelat dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 02/11/2023, 13:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pakis atau fern merupakan tanaman hias dengan daun-daun besar berwarna hijau yang cantik, dan cocok ditaruh di dalam rumah.

Sama seperti tanaman lainnya, pakis juga bisa menunjukkan perubahan saat sedang mengalami masalah. Salah satunya warna daun yang berubah menjadi cokelat.

Ada banyak alasan mengapa tamaman ini berubah warna menjadi cokelat.

Namun, ketika kita menemuinya pada tanaman pakis yang kita miliki di rumah, maka kita perlu untuk segera mengidentifikasi masalahnya agar dapat ditangani dengan cara tepat.

Dilansir dari laman Homes & Gardens, berikut adalah beberapa penyebab tanaman pakis berubah warna menjadi cokelat dan cara mengatasinya.

Baca juga: Anggrek hingga Pakis, Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Tempat Lembap

Penyebab tanaman pakis berubah jadi cokelat

Menurut ahli tanaman dan pendiri Tree Vitalize, Fern Berg, pakis yang daunnya berubah warna menjadi cokelat dalam jumlah besar cenderung tidak bahagia di lingkungannya.

"Di samping itu, pakis yang berada di luar ruangan juga dapat mengalami banyak masalah yang dapat menyebabkan dedaunan berubah warna di luar masa hidupnya," ungkap Fern.

Ia pun mencermati berbagai masalah yang menyebabkan dedaunan pakis berubah warna yang dipicu oleh faktor perawatan.

1. Penyiraman

Penyebab umum pakis berubah warna menjadi cokelat adalah penyiraman, baik yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Tanaman ini secara umum lebih menyukai tanah yang selalu lembap, tetapi tidak menyukai tanah yang tergenang air.

Bisa jadi sulit untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, tetapi membelokkan terlalu jauh bisa membuat daunnya berubah warna cokelat.

Terlalu kering juga bisa membuat pelepahnya berganti warna cokelat karena stres, sementara terlalu basah dan dapat menyebabkan busuk akar- yang juga menyebabkan dedaunan berwarna cokelat.

Untuk itu, periksa tanah dengan seksama dan periksa tingkat kelembapan di bagian dalam tanah. Ini adalah panduan yang sangat penting ketika menyiram tanaman dalam wadah.

Jika terasa kering maka pakis membutuhkan lebih banyak air, jika terasa sangat basah maka tahan penyiraman untuk sementara waktu sampai tanah sedikit mengering.

Di musim panas, pakis mungkin perlu disiram seminggu sekali, tetapi saat cuaca memasuki musim hujan kita bisa menyiramnya setiap bulan, atau cukup taruh pakis berada di luar ruangan untuk mendapatkan air dari hujan.

2. Pencahayaan

Pakis adalah tanaman yang menyukai tempat teduh yang berasal dari daerah yang lembap, sehingga kita perlu menerapkan kondisi yang sama saat menaruhnya di dalam rumah.

Mengingat hal itu, maka tidak mengherankan jika memberinya terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan pakis menjadi cokelat.

Sinar matahari langsung yang berlebihan sebenarnya dapat menghanguskan pelepah pakis, ini bisa menjadi penyebab utama jika kita bertanya-tanya mengapa pakis menjadi cokelat dan kering.

Pakis hanya menginginkan tempat yang menerima cahaya alami tidak langsung atau cahaya yang difilter.

Di luar ruangan bisa berarti tempat di bawah pohon untuk berteduh, sementara di dalam ruangan bisa berarti lokasi di tempat teduh atau dekat tirai tipis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com