Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Penyebab Tanaman Pakis Jadi Warna Cokelat dan Cara Mengatasinya

Sama seperti tanaman lainnya, pakis juga bisa menunjukkan perubahan saat sedang mengalami masalah. Salah satunya warna daun yang berubah menjadi cokelat.

Ada banyak alasan mengapa tamaman ini berubah warna menjadi cokelat.

Namun, ketika kita menemuinya pada tanaman pakis yang kita miliki di rumah, maka kita perlu untuk segera mengidentifikasi masalahnya agar dapat ditangani dengan cara tepat.

Dilansir dari laman Homes & Gardens, berikut adalah beberapa penyebab tanaman pakis berubah warna menjadi cokelat dan cara mengatasinya.

Penyebab tanaman pakis berubah jadi cokelat

Menurut ahli tanaman dan pendiri Tree Vitalize, Fern Berg, pakis yang daunnya berubah warna menjadi cokelat dalam jumlah besar cenderung tidak bahagia di lingkungannya.

"Di samping itu, pakis yang berada di luar ruangan juga dapat mengalami banyak masalah yang dapat menyebabkan dedaunan berubah warna di luar masa hidupnya," ungkap Fern.

Ia pun mencermati berbagai masalah yang menyebabkan dedaunan pakis berubah warna yang dipicu oleh faktor perawatan.

1. Penyiraman

Penyebab umum pakis berubah warna menjadi cokelat adalah penyiraman, baik yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Tanaman ini secara umum lebih menyukai tanah yang selalu lembap, tetapi tidak menyukai tanah yang tergenang air.

Bisa jadi sulit untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, tetapi membelokkan terlalu jauh bisa membuat daunnya berubah warna cokelat.

Terlalu kering juga bisa membuat pelepahnya berganti warna cokelat karena stres, sementara terlalu basah dan dapat menyebabkan busuk akar- yang juga menyebabkan dedaunan berwarna cokelat.

Untuk itu, periksa tanah dengan seksama dan periksa tingkat kelembapan di bagian dalam tanah. Ini adalah panduan yang sangat penting ketika menyiram tanaman dalam wadah.

Jika terasa kering maka pakis membutuhkan lebih banyak air, jika terasa sangat basah maka tahan penyiraman untuk sementara waktu sampai tanah sedikit mengering.

Di musim panas, pakis mungkin perlu disiram seminggu sekali, tetapi saat cuaca memasuki musim hujan kita bisa menyiramnya setiap bulan, atau cukup taruh pakis berada di luar ruangan untuk mendapatkan air dari hujan.

2. Pencahayaan

Pakis adalah tanaman yang menyukai tempat teduh yang berasal dari daerah yang lembap, sehingga kita perlu menerapkan kondisi yang sama saat menaruhnya di dalam rumah.

Mengingat hal itu, maka tidak mengherankan jika memberinya terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan pakis menjadi cokelat.

Sinar matahari langsung yang berlebihan sebenarnya dapat menghanguskan pelepah pakis, ini bisa menjadi penyebab utama jika kita bertanya-tanya mengapa pakis menjadi cokelat dan kering.

Pakis hanya menginginkan tempat yang menerima cahaya alami tidak langsung atau cahaya yang difilter.

Di luar ruangan bisa berarti tempat di bawah pohon untuk berteduh, sementara di dalam ruangan bisa berarti lokasi di tempat teduh atau dekat tirai tipis.


3. Serangan hama

Ada beberapa hama yang dapat menyebabkan pakis berubah warna menjadi cokelat, termasuk kutu daun, kutu putih, dan serangga sisik.

Pemeriksaan pakis secara teratur dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah sejak dini dan memungkinkan kita untuk mengambil tindakan yang tepat.

Kutu daun adalah serangga kecil dan bertubuh lunak yang memakan getah dan mungkin berwarna hijau, kuning, merah, atau hitam.

Untuk membasmi kutu daun, kita dapat menggunakan sabun insektisida, membuat semprotan serangga, atau menggunakan tanaman pendamping untuk mendatangkan predator yang menguntungkan.

Kutu putih berwarna lebih putih dan tampak halus sehingga dapat dikenali dari bintik-bintik coklat atau merah pada daun dan batang pakis.

Untuk membasmi kutu putih, dan juga tungau laba-laba yang berukuran kecil dan berwarna kemerahan, kita bisa membersihkannya dengan air sabun atau semprotan minyak mimba.

4. Penyakit

Pelepah pakis yang berwarna cokelat dapat disebabkan oleh penyakit. Sebab, pakis rentan terhadap penyakit jamur seperti bercak daun, karat, atau busuk akar, dan juga layu bakteri.

Dedaunan yang berwarna kuning atau coklat dapat menjadi tanda dari salah satu dari hal tersebut, misalnya, karat dan bercak daun dapat menyebabkan bercak coklat pada dedaunan.

Cara terbaik untuk mencegah penyakit adalah dengan menjaga pakis tetap sehat, memastikan kelembapan tanah dengan benar, dan memberi makan tanaman untuk menghindari masalah nutrisi.

Tanaman yang stres sering kali menunjukkan hal ini dalam bentuk dedaunan yang berubah warna, bisa lebih rentan terhadap hama dan penyakit.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan fungisida untuk mengatasi masalah jamur.

5. Kelembapan

Pakis bisa mengalami kesulitan karena kurangnya kelembapan.

Pakis menyukai lingkungan yang lembap dan itulah yang membuatnya menjadi salah satu tanaman kamar mandi terbaik.

Jika tidak ada kelembapan yang cukup, maka pakis akan mulai berubah warna menjadi cokelat dan kering.

Seorang ahli tanaman, John Negus, memperingatkan, udara hangat dan kering pada umumnya bukanlah kondisi ideal bagi pakis untuk tumbuh subur, karena meskipun akar tanaman cukup lembap, dedaunannya bisa mengalami kesulitan.

"Kondisi kering dapat menyebabkan daun berubah warna dan layu. Letakkan pot di atas nampan yang berisi pasir dan air hanya jika pot terasa ringan," ujar dia.

"Kompos juga harus terasa lembap tetapi tidak basah. Pastikan tanaman tidak dekat dengan radiator, lampu meja, atau sumber panas langsung lainnya, karena tanaman akan rusak," ujar dia.

6. Kekurangan nutrisi

Daun pakis yang berwarna cokelat bisa jadi akibat kekurangan salah satu nutrisi penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium.

Jika penyebab dedaunan berwarna cokelat tidak terkait dengan penyiraman atau cahaya, maka periksa unsur hara di dalam tanah.

Kita dapat menguji tanah untuk memahami sepenuhnya jenis tanah, kelembapan, dan susunan hara untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dalam tanah.

Pakan terbaik untuk pakis adalah pupuk seimbang yang diformulasikan khusus untuk pakis.

Hanya berikan pupuk sesuai dengan petunjuk, karena pemberian pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

Fern juga mengingatkan, kekurangan nutrisi harus dilihat hanya jika semua kemungkinan penyebab lain dari dedaunan yang berwarna kecoklatan telah disingkirkan.

"Pastikan untuk menghilangkan kelebihan atau kekurangan air terlebih dahulu karena pemberian pupuk pada tanaman yang sudah stres dapat menyebabkan stres tambahan," kata dia.

"Perbaiki masalah penyiraman terlebih dahulu dan kemudian tambahkan pupuk setelah pakis stabil, atau tidak ada pencokelatan baru yang terjadi," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/02/130000720/6-penyebab-tanaman-pakis-jadi-warna-cokelat-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke