Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Hias yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Kompas.com - 18/09/2023, 14:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Meluangkan waktu untuk memelihara tanaman hias ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental, termasuk tingkat stres yang lebih rendah, hingga suasana hati yang lebih baik.

Sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan tahun 2022 oleh University of Reading dan Royal Horticultural Society pun menganalisis respons psikologis 520 sukarelawan terhadap 12 gambar tanaman hias.

Para peneliti kemudian menemukan delapan tanaman tampak meningkatkan suasana hati.

Bahkan, tiga dari tanaman tersebut diberi penghargaan tambahan karena memberikan manfaat kesehatan yang unggul dalam kelompok tersebut.

"Temuan kami menunjukkan, tanaman dengan daun hijau yang subur, luas daun yang tinggi, dan kanopi yang lebat kemungkinan besar akan memberikan dorongan terbesar bagi kesehatan mental," tulis salah satu peneliti, Jenny Berger, dalam sebuah artikel untuk PsyPost.

"Orang-orang juga percaya, tanaman-tanaman ini akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kualitas udara," terangnya.

Aaditya Bhatta, pendiri dan editor Plants Craze mengatakan, praktik merawat tanaman juga memiliki manfaat tersendiri.

"Tindakan memelihara dan merawat tanaman dapat berfungsi sebagai bentuk mindfulness atau meditasi, yang memungkinkan seseorang untuk fokus pada saat ini dan menemukan rasa tenang dan rileks," ungkapnya.

Baca juga: 14 Tanaman Pengusir Nyamuk, Bisa Ditanam di Sekitar Rumah

Tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan mental

Nah, untuk mengetahui delapan tanaman yang ditemukan dapat meningkatkan kesehatan mental dalam penelitian tersebut, simak daftar lengkapnya sebagai berikut.

Ficus benjamin atau weeping fig.Almaje Ficus benjamin atau weeping fig.

1. Weeping fig

Menurut penelitian tersebut, weeping fig adalah salah satu dari tiga tanaman yang paling efektif untuk meningkatkan suasana hati. Tapi itu bukan satu-satunya manfaat.

"Weeping fig dikenal dengan khasiatnya sebagai pemurni udara, menghilangkan polutan dalam ruangan dan meningkatkan kualitas udara," jelas Aaditya Bhatta, pendiri dan editor Plants Craze.

Tanaman hias ini tumbuh subur di bawah cahaya yang terang dan tidak langsung, serta lebih menyukai penyiraman yang konsisten.

Namun, pastikan untuk membiarkan beberapa cm bagian atas tanah mengering di antara setiap penyiraman.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Hias Tahan Kekeringan, Bisa Ditanam Saat Musim Kemarau

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com