Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanaman Hias yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan tahun 2022 oleh University of Reading dan Royal Horticultural Society pun menganalisis respons psikologis 520 sukarelawan terhadap 12 gambar tanaman hias.

Para peneliti kemudian menemukan delapan tanaman tampak meningkatkan suasana hati.

Bahkan, tiga dari tanaman tersebut diberi penghargaan tambahan karena memberikan manfaat kesehatan yang unggul dalam kelompok tersebut.

"Temuan kami menunjukkan, tanaman dengan daun hijau yang subur, luas daun yang tinggi, dan kanopi yang lebat kemungkinan besar akan memberikan dorongan terbesar bagi kesehatan mental," tulis salah satu peneliti, Jenny Berger, dalam sebuah artikel untuk PsyPost.

"Orang-orang juga percaya, tanaman-tanaman ini akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kualitas udara," terangnya.

Aaditya Bhatta, pendiri dan editor Plants Craze mengatakan, praktik merawat tanaman juga memiliki manfaat tersendiri.

"Tindakan memelihara dan merawat tanaman dapat berfungsi sebagai bentuk mindfulness atau meditasi, yang memungkinkan seseorang untuk fokus pada saat ini dan menemukan rasa tenang dan rileks," ungkapnya.

Tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan mental

Nah, untuk mengetahui delapan tanaman yang ditemukan dapat meningkatkan kesehatan mental dalam penelitian tersebut, simak daftar lengkapnya sebagai berikut.

1. Weeping fig

Menurut penelitian tersebut, weeping fig adalah salah satu dari tiga tanaman yang paling efektif untuk meningkatkan suasana hati. Tapi itu bukan satu-satunya manfaat.

"Weeping fig dikenal dengan khasiatnya sebagai pemurni udara, menghilangkan polutan dalam ruangan dan meningkatkan kualitas udara," jelas Aaditya Bhatta, pendiri dan editor Plants Craze.

Tanaman hias ini tumbuh subur di bawah cahaya yang terang dan tidak langsung, serta lebih menyukai penyiraman yang konsisten.

Namun, pastikan untuk membiarkan beberapa cm bagian atas tanah mengering di antara setiap penyiraman.

2. Snake plant

Snake plant, atau yang dikenal sebagai lidah mertua, adalah tanaman hias lainnya yang dapat meningkatkan kualitas udara sekaligus kesehatan mental.

"Snake plant dapat mentolerir berbagai kondisi cahaya, dari cahaya redup hingga terang, cahaya tidak langsung. Siramlah secukupnya, biarkan tanahnya mengering di antara waktu penyiraman," saran Bhatta.

Diana Cox, pendiri The Gardening Talk mengatakan, berkat kemungkinannya untuk tumbuh subur dengan perawatan yang minimal, tanaman hias ini adalah pilihan tepat untuk pemula.

3. Kaktus

Kaktus termasuk sebagai tanaman hias yang paling mempolarisasi dalam penelitian ini dan memiliki efek yang kurang menenangkan (karena tidak berdaun) dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Kendati demikian, para peneliti menemukan, kaktus yang tumbuh subur masih memberikan kesan positif, dan memiliki banyak manfaat yang sama dengan tanaman sehat lainnya dalam penelitian ini.

"Tidak ada tanaman terbaik untuk meningkatkan suasana hati atau mengurangi stres," jelas Nolan Gajdascz, salah satu pendiri Mental Houseplants.

"Faktanya, manfaat yang sebenarnya lebih banyak berasal dari proses dan keberadaan tanaman daripada sifat-sifat spesifik yang unik dari setiap tanaman," katanya.

Cukup temukan tanaman yang beresonansi dengan kita dan praktikkan perawatan yang penuh perhatian untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Prayer plant atau calathea

Tanaman ini dikenal dengan dedaunannya yang indah dan dapat menambah semarak ruang dalam ruangan.

"Dengan daun hijau yang lebar dan tanda merah dan putih yang khas, tanaman ini dapat merangsang ketertarikan visual dan menciptakan rasa hidup dan terhubung dengan alam," kata Bhatta.

Paryer plant dinamai sesuai dengan ciri khasnya yang paling unik, di mana pada malam hari, daunnya melipat seperti tangan yang sedang berdoa.

Bhatta menggambarkan gerakan daun ini sebagai menawan dan memukau, yang dapat memberikan efek menenangkan maupun meningkatkan rasa ketenangan.

5. Paku sarang burung

Paku sarang burung (bird's nest fern) memiliki tekstur yang rimbun dan unik.

"Mengapa tanaman ini menjadi peningkat suasana hati, ada kemungkinan hal ini berkaitan dengan estetika," kata Miguel Camperos, wakil presiden operasi untuk perusahaan perlengkapan peternakan dan berkebun, SunVara.

"Daun pakis yang rimbun dan hijau cerah memiliki efek menenangkan dan menyejukkan mata. Memelihara tanaman ini adalah cara yang bagus untuk memberikan dampak positif pada suasana hati," terangnya.

6. Golden pothos atau sirih gading

Dikenal dengan tanaman merambat dan daunnya yang berbentuk hati, tanaman golden pothos juga termasuk dalam tiga tanaman terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental, menurut penelitian tersebut.

"Golden pothos adalah tanaman rumah yang indah dan salah satu yang paling mudah dirawat dan dipelihara," kata Jena Joyce, pendiri dan CEO Plant Mother.

"Bahkan ketika daunnya mulai mengerut dan kita mengira tanaman ini akan mati, kita bisa memberinya air dan golden pothos akan hidup kembali," terangnya.

Joyce percaya, ketahanan tanaman ini dapat menambah efek meningkatkan suasana hati.

7. Dragon tree

Dihiasi dengan daun yang ramping, runcing, seperti pedang, dragon tree adalah tanaman hias yang indah untuk dilihat.

Tanaman ini juga terbukti efektif dalam memperbaiki suasana hati.

Bhatta mengatakan, dragon tree lebih menyukai cahaya yang terang dan tidak langsung, tetapi dapat mentolerir kondisi cahaya yang lebih rendah.

"Biarkan tanah mengering sebagian di antara waktu penyiraman, dan hindari penyiraman yang berlebihan," sarannya.

8. Palem

Menurut penelitian tersebut, palem juga ditemukan sebagai tanaman tiga besar lainnya untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental.

Untuk memastikan tanaman ini tumbuh subur, Cox menyarankan agar palem berada di tempat yang terang dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Selain itu, kita harus menyirami tanaman ketika lapisan atas tanahnya kering, untuk memastikan drainase yang baik dan mencegah pembusukan akar.

"Palem, dengan dedaunannya yang rimbun dan berbulu, dapat menciptakan suasana tropis dan tenteram," jelas Cox.

"Hubungannya dengan destinasi tropis dapat membangkitkan kenangan positif dan rasa rileks," imbuhnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/18/144027320/8-tanaman-hias-yang-bisa-meningkatkan-kesehatan-mental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke