Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Lari Bisa Berdampak Buruk untuk Lutut, Benarkah?

Kompas.com - 12/11/2023, 18:12 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Berlari adalah salah satu jenis olahraga yang paling terjangkau dan nyaman. Ketika berlari, baik itu di treadmill, sekitar lingkungan, di jalan setapak di taman, atau bahkan di atas aspal, mungkin ada kekhawatiran tentang dampaknya pada sendi, khususnya pada lutut.

Anne Rex, dokter olahraga mengatakan berlari memang memberikan beban pada tubuh, tetapi anggapan bahwa ini merusak sendi, terutama lutut, hanyalah mitos.

Menurutnya, hanya ada sedikit bukti yang mendukung klaim bahwa berlari menyebabkan radang pada sendi lutut.

Rex menegaskan, berlari tidak memiliki dampak negatif pada lutut, meskipun memang bisa memengaruhi sendi.

Rex menyebut berlari menyebabkan perubahan pada tulang rawan dan cairan di lutut, tetapi perubahan ini bersifat sementara.

Tulang rawan dapat pulih dari perubahan tersebut di sela-sela berlari, dan tubuh beradaptasi dengan berlari seiring berjalannya waktu.

Intinya, berlari tidak menyebabkan radang pada sendi, dan ketika kamu beristirahat, tubuh kamu, termasuk lutut, akan pulih dari pengaruh berlari.

Berlari bahkan dapat menurunkan risiko radang sendi. Saat lutut tertekan karena berlari, lebih banyak cairan yang mengalir ke persendian untuk melumasinya. Itu artinya, berlari dapat bermanfaat bagi persendian.

Menurut Rex, berlari adalah latihan kardiovaskular yang bagus. Lari itu nyaman karena kita tidak memerlukan peralatan apa pun kecuali sepasang sepatu lari yang bagus. Kita bisa membuka pintu depan rumah dan langsung berlari.

Namun, Rex menyebut tempat kita berlari dapat membuat perbedaan pada kesehatan sendi.

Jalur hutan yang empuk mungkin terlihat paling baik, tetapi memiliki potensi masalah. Pasalnya, jalur ini masih memiliki potensi cedera bagi kaki kita karena tanah yang tidak rata, tempat yang licin, dan benda-benda yang bisa membuat tersandung.

Baca juga: Mengapa Lari Disebut Olahraga yang Paling Mudah dan Murah?

Berlari di atas treadmill

Treadmill sebenarnya tidak buruk untuk lutut kita. Permukaan treadmill yang datar, lembut, dan bebas rintangan membuatnya cukup ramah bagi persendian.

Menurut Rex, treadmill bisa sangat berguna, terutama ketika cuaca buruk atau jika kamu tidak memiliki akses ke rute luar ruangan yang baik. Kita juga bisa melakukan kontrol atas kecepatan dan kemiringan treadmill.

Namun, tentu saja berlari di treadmill bisa terasa monoton karena ketidakberagaman pemandangan yang bisa kita lihat.

Rex menyebutkan, jika kamu berlatih untuk lomba lari, treadmill mungkin bukan pilihan terbaik. Kamu disarankan untuk berlatih di permukaan yang mirip dengan yang akan kamu gunakan dalam perlombaan untuk membiasakan tubuh dengan kondisi tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com