Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parentalk Festival Ajak Orangtua dan Anak Ciptakan Memori Menyenangkan

Kompas.com - 16/11/2023, 21:48 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki momen kebersamaan antara orangtua dan anak sangatlah penting, bukan hanya bagi orangtua, tetapi juga tumbuh kembang anak.

Sebuah studi menemukan, ibu yang belajar cara membicarakan kembali kenangan bersama keluarga dengan anak balitanya akan membesarkan remaja dengan potensi kecemasan dan depresi yang lebih kecil.

"Sangat sulit untuk memprediksi apa yang akan diingat oleh anak," kata Co-Founder Good Enough Parents & Positive Discipline Parent Educator, Damar Wijayanti, saat konferensi pers Parentalk di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Damar menjelaskan, memori sering kali mengejutkan kita, bahkan hal yang terasa remeh di masa lalu bisa dimaknai mendalam oleh anak dan menjadi bagian dari memori yang diingat hingga dewasa.

Sedangkan, hal-hal yang kita rasa penting terkadang malah terlewat begitu saja dan terlupakan.

"Namun bukan berarti kita tidak bisa membantu anak memiliki core memory yang akan dikenang hingga dia dewasa nanti," ungkapnya.

"Kuncinya adalah perbanyak pengalaman positif pada hidup anak."

"Karena kumpulan pengalaman ini bisa menjadi kenangan dalam memori, berperan dalam membantu anak memahami siapa dirinya, mendukung kepercayaan diri, hingga kemampuan menyelesaikan masalah," terang dia.

Damar pun menambahkan, beberapa cara bisa dilakukan orangtua untuk merangkai core memory yang positif dan menyenangkan bersama anak, antara lain:

  • Membangun antusias anak terhadap suatu aktivitas, dengan menceritakan apa yang bisa mereka alami dan pelajari.
  • Orangtua hadir sepenuhnya dan ikut menunjukkan antusiasme saat melakukan aktivitas bersama anak.
  • Libatkan semua indera dalam aktivitas bersama. Misalnya, dengan memutar lagu yang disukai anak sepanjang perjalanan, atau menggunakan parfum atau aroma yang menyegarkan.
  • Menyimpan memori melalui foto dan video, atau ajak anak melukis momen yang dilalui bersama orangtua.
  • Diskusikan kembali dengan anak tentang aktivitas bersama yang dilalui.

Menciptakan memori menyenangkan lewat Parentalk Festival

Setelah sukses diselenggarakan tahun lalu, Parentalk Festival kembali digelar untuk kedua kalinya.

Kegiatan tahunan ini bisa menjadi sarana bagi orangtua dan anak-anak untuk dapat menikmati momen kebersamaan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan, sekaligus menjadi perayaan ulang tahun platform digital komunitas parenting, Parentalk, yang ke-6.

Parentalk Festival 2023 akan digelar di Cibis Park, Jakarta dengan tema "Under The Sea" yang dekat dengan anak.

Berbagai aktivitas edukatif dan interaktif akan dilaksanakan, mulai dari fun activity hingga talkshow.

"Melalui kegiatan Parentalk Festival 2023, kami ingin mengajak orangtua untuk bisa merangkai lebih banyak memori indah dan berkesan bersama anak-anak, juga keluarga lainnya," kata Co-Founder & CEO Parentalk, Nucha Bachri.

"Kali ini Parentalk Festival lebih menyenangkan, karena akan banyak pula kegiatan dan ilmu. Jadi, mari kita rangkai cerita baik, untuk masa depan anak yang lebih baik," ungkapnya.

Sementara itu, penyanyi dan seorang ibu dari dua anak, Andien Aisyah, menambahkan bahwa penting sekali untuk memiliki momen-momen menyenangkan bersama anak-anak di tengah kesibukan kerja.

"Tidak melulu harus keluar kota. Selama aktivitas tersebut menyenangkan dan melibatkan kebersamaan kita berempat, menurutku itu bisa jadi kenangan manis yang harapannya bisa terus diingat oleh anak-anak, dan jadi modal mereka menghadapi tantangan ke depan," katanya.

"Makanya aku senang sekali bisa terlibat di acara Parentalk Festival. Bukan hanya bisa menciptakan memori bersama keluarga, di kegiatan ini, saya juga bisa bertemu dengan keluarga-keluarga lain yang juga punya semangat untuk belajar dan bertumbuh," tutur Andien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com