Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Foto YKAN, Ajakan Menjaga Keindahan Alam Indonesia

Kompas.com - 17/11/2023, 08:32 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sebuah foto berjudul "Dari Eksploitasi Menuju Kebebasan" karya Tinton Aryo memperlihatkan tiga ekor beruk sedang nangkring di dahan sebuah pohon. Wajah hewan-hewan itu tampak bingung dan menyelidik.

Rupanya ketiga beruk itu sedang mengamati keadaan sekitar ketika mereka dilepasliarkan. Menurut Tinton, ketiganya ditemukan di Pelabuhan Bakauheni saat masih kecil dan hendak diselundupkan ke Jawa dari Sumatra.

"Ketiga beruk ini ditemukan dalam razia di Bakauheni. Waktu itu mereka masih kecil dan dimasukkan dalam kandang...," ujar Tinton dengan suara tercekat. "Saya mengambil foto ketiganya setelah cukup besar dan bisa dilepasliarkan."

Foto ini memang istimewa, karena selain memiliki komposisi yang apik, kita bisa menangkap emosi haru saat memandangnya.

Ditambah saat mengetahui kisahnya, foto ini bisa menceritakan betapa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, namun sekaligus dihantui ancaman yang sama besarnya soal kelestarian lingkungan.

Adapun foto tiga beruk ini adalah salah satu dari 12 pemenang Kontes Foto Lokal Misi Lestari 2023 yang dinilai oleh juri Arbain Rambey, Riza Marlon, dan Marrysa Tunjung Sari.

Dalam kontes ini, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengadakan pameran 150 foto terbaik dari fotografer Indonesia yang mengikuti lomba foto global melalui rangkaian “Misi Lestari 2023: See Nature” selama 13-19 November 2023, di Senayan City lantai Lower Ground.

Tahun ini, YKAN juga mendukung kegiatan Global Photo Contest yang diadakan mitra globalnya, The Nature Conservancy, selama 30 Agustus hingga 29 September 2023.

Kompetisi foto tahun ini diikuti oleh sekitar 192 ribu peserta dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak kurang dari 23 ribu foto dari Indonesia diunggah dalam ajang global ini dan 150 foto di antaranya terpilih untuk mengikuti kontes foto.

Selain foto karya Tinton Aryo, foto Iwan van Wilan yang memperlihatkan sebuah pulau kecil di dekat Jayapura, Papua, juga menarik diamati.

foto Iwan van Wilan yang memperlihatkan sebuah pulau kecil di dekat Jayapura, PapuaKompas.com/Wisnubrata foto Iwan van Wilan yang memperlihatkan sebuah pulau kecil di dekat Jayapura, Papua
Foto yang diambil menggunakan drone ini memperlihatkan pulau yang dikelilingi terumbu karang yang masih tampak lestari.

"Ini menumbuhkan harapan karena sebuah pulau yang relatif dekat dengan kota besar seperti jayapura, masih memiliki lingkungan yang indah dan kaya," ujar Iwan di Senayan City, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Menurut Direktur Komunikasi YKAN Priscilla Christin, dalam kontes foto lokal ini ada 12 pemenang dari masing-masing kategori dan satu pemenang utama.

Berikut pemenang dari masing-masing kategori:

1. Manusia dan Alam: Andry Denisah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com