Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Salah Terjemahan, Maskapai China Menyajikan "Makanan Anjing"

Kompas.com - 11/12/2023, 10:34 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Dalam sebuah perjalanan/travel, mungkin memang akan selalu ada gangguan atau kejutan yang tidak terduga, dan kali ini maskapai penerbangan China menjadi salah satu pihak yang terlibat.

Setelah mengalami pemberitaan yang relatif buruk selama setahun ini, seperti ocehan penumpang Tiongkok yang mengganggu penumpang lainnya, kesalahan penerjemahan menu di kelas bisnis dari maskapai China Eastern memperburuk image mereka.

Meskipun mereka bukan maskapai penerbangan pertama yang melakukan kesalahan penerjemahan, ini mungkin menjadi salah satu kesalahan paling menggelikan yang menjadi buah bibir.

Kesalahan tersebut terdapat pada menu yang diberikan kepada penumpang kelas bisnis, yang menawarkan “makanan anjing impor” dengan tambahan Okra sebagai salah satu dari tiga hidangan pembuka.

Tentu maskapai ini tidak benar-benar menawarkan makanan anjing. Mereka hanya keliru menerjemahkan hidangan lain menjadi dog food.

Kesalahan itu ditemukan seorang penumpang bernama Conrad Wu yang membagikan foto menu di akun Facebook-nya.

Menunya sendiri menampilkan berbagai macam hidangan, termasuk makanan pembuka, sup, dan roti, dengan pilihan seperti udang vanila, asparagus, steak panggang, dan banyak lagi. Namun, Wu menjadi kaget setelah menemukan sebuah item bernama “makanan anjing impor.”

Sejauh ini belum ada keterangan tentang apa yang seharusnya dimaksud dengan dog food ini. Beberapa orang menduganya, mungkin maskapai itu berniat menyajikan hot dog atau semacamnya, tetapi keliru menerjemahkan.

Gary Leff, Chief Financial Officer di pusat penelitian dan pengamat maskapai penerbangan, dalam tulisannya di travel blog dan situs View From The Wing, memaparkan bahwa China Eastern yang berbasis di Shanghai sebagian dimiliki oleh Delta Airlines dan telah berkembang menjadi maskapai penerbangan terbesar kedua.

Namun, beberapa kesalahan penerjemahan telah menyebabkan kerusakan “image” pada merek maskapai tersebut.

Patut dicatat bahwa meskipun kesalahan trjemahan menu tambahan ini lucu, menu lainnya di China Eastern sebenarnya terdengar cukup lezat dan maskapai ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dengan menawarkan tempat duduk, hiburan, fasilitas, serta menu yang lebih baik.

Belum lama ini, maskapai China Eastern juga menjadi berita utama karena membuka kembali salah satu rute regional terpopulernya, Wuhan ke Taipei, untuk pertama kalinya sejak pandemi —menandai sebuah langkah yang menunjukkan betapa jauhnya masa-masa kelam di akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 sudah berlalu.

Namun, meskipun pertumbuhan mereka sangat mengesankan, mungkin menu “makanan anjing” di kelas bisnis ini membuat beberapa orang jera terbang bersama mereka.

Baca juga: Tips Memiilih Makanan Anjing yang Tidak Akan Membuatnya Kecewa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com