Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Paling Damai di Dunia 2023, Bisa Jadi Tujuan Liburan

Kompas.com - 12/12/2023, 10:56 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu sedang memikirkan negara mana untuk dikunjungi ketika masa liburan dimulai nanti?

Beberapa dari kalian mungkin ingin mendatangi negara-negara yang ramai dan penuh dengan kegiatan bahkan di tengah masa liburan. Namun tidak sedikit pula yang mempertimbangkan negara yang cukup tenang untuk didatangi supaya masa liburan dapat dihabiskan dengan damai.

Berdasarkan laporan Global Peace Index (GPI), beberapa negara seperti Islandia, Denmark, dan Irlandia, menduduki puncak daftar negara paling damai di dunia pada tahun 2023 —bisa masuk ke dalam list destinasi yang ingin kamu kunjungi.

Selain itu, menurut temuan yang dipublikasikan oleh Institute for Economics and Peace, sejauh ini terdapat 84 negara yang mencatat peningkatan, sementara 79 negara mengalami penurunan tingkat perdamaian yang semuanya mencakup negara bagian dan teritori independen.

Baca juga: 10 Negara Paling Damai di Dunia, Islandia Duduk di Posisi Pertama

Indeks Perdamaian Global 2023: Wawasan penting

Ketika membahas tentang perdamaian negara, ada istilah “Indeks Perdamaian Global (Global Peace Index)” merujuk laporan dari Institute for Economics & Peace (IEP) yang mengukur posisi relatif kedamaian negara dan kawasan.

GPI sendiri memberikan peringkat kepada negara-negara yang sudah disebutkan sebelumnya berdasarkan 23 indikator kualitatif dan kuantitatif yang dikelompokkan ke dalam tiga domain utama, yakni konflik yang berkelanjutan, keselamatan dan keamanan, dan militerisasi.

Sementara itu, terdapat pula faktor yang juga berkontribusi terhadap berkurangnya tingkat perdamaian termasuk konflik eksternal, kematian akibat konflik internal, ketidakstabilan politik, dan hubungan dengan negara tetangga.

Nah, menurut GPI, dibandingkan tahun sebelumnya, rata-rata tingkat kedamaian suatu negara mengalami penurunan sebesar 0,42 persen, menandai penurunan tingkat perdamaian global selama sembilan tahun berturut-turut.

Mungkin beberapa dari kalian sudah dapat menebaknya, penyebab utama memburuknya perdamaian global adalah invasi Rusia ke Ukraina dan dampaknya, membawa Rusia dan Ukraina pada peringkat 10 negara paling tidak damai pada tahun 2023.

Dan meskipun Eropa masih menjadi kawasan paling damai di dunia yang merupakan rumah bagi tujuh dari sepuluh negara paling damai, Eropa mengalami kemunduran dalam ketiga bidang GPI —yaitu keselamatan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, dan tingkat militerisasi— karena ketegangan antara negara-negara Eropa dan Rusia.

Akibatnya, kondisi Eropa kini kurang damai dibandingkan 15 tahun lalu.

Baca juga: Rahasia Finlandia Bisa Jadi Rumah Orang-orang Paling Bahagia di Dunia

15 negara paling damai dan skor GPI mereka pada tahun 2023

Dalam menghadapi konflik global, negara-negara bertahan disebut lebih unggul dalam parameter seperti distribusi sumber daya yang adil, penghormatan terhadap hak-hak orang lain, hubungan baik dengan negara tetangga, dan kebebasan arus informasi.

Skor keseluruhan yang didapatkan negara-negara tersebut memiliki bobot 60 persen pada perdamaian internal dan 40 persen pada perdamaian eksternal dimana bila skor sebuah negara semakin mendekati angka 1, maka negara tersebut semakin damai.

Berikur negara-negara paling damai berdasar parameter di atas:

1. Islandia (1.124)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com