Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2023, 18:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Meningkatnya kasus Covid-19 belakangan ini membuat kita rentan terkena beberapa gejala kesehatan, salah satunya flu.

Apalagi, ada sejumlah tempat yang memang rentan menyebarkan flu meskipun kita sudah memakai masker, mencuci tangan dan gaya hidup sehat lainnya.

"Tempat-tempat yang paling memungkinkan kita tertular flu adalah area dengan lalu lintas tinggi dengan banyak orang di suatu daerah setiap hari," kata Laura Purdy, MD, MBA, seorang dokter keluarga bersertifikat di Fort Benning, Georgia, AS,.

"Penularan tidak langsung seperti menyentuh permukaan yang sama dengan seseorang yang terinfeksi adalah cara yang paling mungkin untuk tertular virus."

Baca juga: Ahli Jelaskan Gejala Covid-19 Terbaru Mirip Flu

"Musim flu adalah waktu yang penting untuk memastikan agar kita mencuci tangan dengan benar, karena kita tidak dapat mengandalkan permukaan umum ini selalu dibersihkan," terangnya.

Jika kita ingin tetap sehat di musim flu, ketahui 10 tempat yang paling mungkin membuat kita tertular flu, sebagaimana dikutip dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Pesawat dan bandara

Ruang terbatas, udara daur ulang, dan kedekatan dengan sesama pelancong meningkatkan risiko kita terpapar.

"Tingginya perputaran pelancong dalam satu hari meningkatkan kemungkinan terpapar karena kita bertemu dengan begitu banyak orang dari begitu banyak tempat," kata Laura.

"Kita juga berada di tempat-tempat terbatas yang membuat kita berada dalam kontak dekat dengan mereka yang menderita flu," ungkapnya.

Baca juga: Apakah Boleh Merebahkan Sandaran Kursi di Pesawat? Ini Kata Pakar

2. Sekolah dan tempat penitipan anak

Jarak yang dekat, perlengkapan yang digunakan bersama, dan interaksi antar siswa menciptakan lingkungan yang kondusif untuk penularan flu.

"Anak-anak memiliki mainan bersama, banyak kegiatan kelompok, dan ada banyak kuman yang beredar di kelompok usia ini," ujar Laura.

3. Transportasi umum

Bus, kereta api, atau taksi, kondisi yang penuh sesak dan permukaan yang sering disentuh meningkatkan kemungkinan kita tertular flu.

"Kontak penumpang yang dekat dan duduk di kursi yang sama tanpa dibersihkan di antara penumpang secara signifikan meningkatkan risiko flu," kata Laura.

Menjaga jarak sosial jika memungkinkan dan menggunakan pembersih tangan dapat membantu para komuter mengurangi risiko terkena flu.

Baca juga: Benarkah Lemon Bisa Bantu Atasi Gejala Pilek atau Flu?

4. Toko bahan makanan dan obat-obatan

Ilustrasi supermarket, konsumen belanja di supermarket. FREEPIK/ALEKSANDARLITTLEWOLF Ilustrasi supermarket, konsumen belanja di supermarket.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com