Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Kesuksesan Aturan 5 Jam ala Bill Gates, Mau Coba?

Kompas.com - 28/12/2023, 07:52 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya dengan menerapkan prinsip 5 hour rules alias aturan lima jam.

Pendekatan ini membuatnya memiliki waktu khusus untuk menikmati dan memusatkan perhatian pada segala hal yang menjadi tanggung jawabnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku dari Bill Gates untuk Dibaca di Akhir Tahun

 Cara ini dianggap mampu membuat miliuner itu memiliki ruang untuk melupakan kekhawatiran, mengurangi stres, menikmati waktu sendiri dan merasakan kenyamanan dengan diri sendiri.

Selain itu, aturan lima jam ala Bill Gates ini sering kali juga memberikan perasaan atau rasa pencapaian, mengenali keterampilan baru dan memberikan kepuasan pribadi.

Praktik aturan lima jam ala Bill Gates

Aturan lima jam ini sebenarnya adalah konsep yang dipopulerkan oleh pebisnis muda asal Amerika Serikat, Michael Simmons.

Prinsip itu berakar dari gagasan tentang dedikasi seseorang setidaknya satu jam setiap hari, atau lima jam per minggu untuk pengembangan diri melalui edukasi dan pembelajaran keberlanjutan.

Hal itu pun dianggap memberikan dampak signifikan pada pengembangan diri secara profesional untuk meraih kesuksesan.

Baca juga: 5 Kebiasaan dan Pola Pikir yang Menghambat Kesuksesan 

Meningkatkan produktivitas dan motivasi

Aturan lima jam yang dianjurkan oleh Bill Gates dinilai dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja, terlepas dari background atau profesi kita.

Dalam rutinitasnya, ia menguasai seni untuk sejenak berhenti dari kesibukan, menggabungkan momen relaksasi dan mengalokasikan waktu untuk minat dan aktivitas yang menyenangkan.

Metode ini dinilai bisa memberikan waktu istirahat bagi kesehatan mental.

Setelahnya, kita dapat kembali menjalani tanggung jawab dengan pola pikir yang lebih fresh, terbebas dari stres, sampai menumbuhkan sikap yang lebih kreatif dan motivasi besar dalam kehidupan sehari-hari.

Mengelola tingkat stres

Agaknya, Bill Gates begitu berkomitmen pada prinsip ini karena menyadari kebutuhan manusia untuk menjaga kesehatan emosional dan psikologis dengan waktu khusus.

Salah satu caranya dengan memelajari keterampilan baru dan menjalankan peran berbeda dari biasanya untuk memberi pandangan yang positif pada hal yang menjadi tujuan kita.

Dengan demikian, kita dapat merasa lebih berdaya dan siap menghadapi tantangan dengan lebih efektif.

Baca juga: 9 Tips Feng Shui untuk Kemajuan Karier dan Kesuksesan 

Ilustrasi foto pendiri Microsoft, Bill Gates, yang digunakan sebagai uji coba fitur Generative Fill di Adobe Photoshop- Ilustrasi foto pendiri Microsoft, Bill Gates, yang digunakan sebagai uji coba fitur Generative Fill di Adobe Photoshop

Kunci menerapkan aturan lima jam

Pertama dan terpenting, hal ini memerlukan perencanaan yang sadar dan komitmen pribadi pada pengembangan diri berkelanjutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com