Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rahasia Kesuksesan Aturan 5 Jam ala Bill Gates, Mau Coba?

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya dengan menerapkan prinsip 5 hour rules alias aturan lima jam.

Pendekatan ini membuatnya memiliki waktu khusus untuk menikmati dan memusatkan perhatian pada segala hal yang menjadi tanggung jawabnya.

 Cara ini dianggap mampu membuat miliuner itu memiliki ruang untuk melupakan kekhawatiran, mengurangi stres, menikmati waktu sendiri dan merasakan kenyamanan dengan diri sendiri.

Selain itu, aturan lima jam ala Bill Gates ini sering kali juga memberikan perasaan atau rasa pencapaian, mengenali keterampilan baru dan memberikan kepuasan pribadi.

Praktik aturan lima jam ala Bill Gates

Aturan lima jam ini sebenarnya adalah konsep yang dipopulerkan oleh pebisnis muda asal Amerika Serikat, Michael Simmons.

Prinsip itu berakar dari gagasan tentang dedikasi seseorang setidaknya satu jam setiap hari, atau lima jam per minggu untuk pengembangan diri melalui edukasi dan pembelajaran keberlanjutan.

Hal itu pun dianggap memberikan dampak signifikan pada pengembangan diri secara profesional untuk meraih kesuksesan.

Meningkatkan produktivitas dan motivasi

Aturan lima jam yang dianjurkan oleh Bill Gates dinilai dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja, terlepas dari background atau profesi kita.

Dalam rutinitasnya, ia menguasai seni untuk sejenak berhenti dari kesibukan, menggabungkan momen relaksasi dan mengalokasikan waktu untuk minat dan aktivitas yang menyenangkan.

Metode ini dinilai bisa memberikan waktu istirahat bagi kesehatan mental.

Setelahnya, kita dapat kembali menjalani tanggung jawab dengan pola pikir yang lebih fresh, terbebas dari stres, sampai menumbuhkan sikap yang lebih kreatif dan motivasi besar dalam kehidupan sehari-hari.

Mengelola tingkat stres

Agaknya, Bill Gates begitu berkomitmen pada prinsip ini karena menyadari kebutuhan manusia untuk menjaga kesehatan emosional dan psikologis dengan waktu khusus.

Salah satu caranya dengan memelajari keterampilan baru dan menjalankan peran berbeda dari biasanya untuk memberi pandangan yang positif pada hal yang menjadi tujuan kita.

Dengan demikian, kita dapat merasa lebih berdaya dan siap menghadapi tantangan dengan lebih efektif.

Kunci menerapkan aturan lima jam

Pertama dan terpenting, hal ini memerlukan perencanaan yang sadar dan komitmen pribadi pada pengembangan diri berkelanjutan.

Kita harus memiliki waktu tertentu dalam jadwal mingguan untuk perbaikan diri.

Selain itu, penting juga untuk mengidentifikasi dan bagaimana kita menggunakan waktu lima jam tersebut setiap minggunya.

Rekomendasi aktivitas yang dapat kita lakukan antara lain, menghabiskan waktu untuk membaca buku yang relevan, mengikuti kursus sesuai minat dan berpartisipasi dalam aktivitas yang mengembangkan keterampilan.

Upaya merefleksikan pencapaian apa yang perlu ditingkatkan juga bisa menjadi salah satu aplikasinya.

Pada gilirannya, semua hal itu membutuhkan konsistensi dan disiplin ketat untuk meluangkan waktu pada kegiatan tersebut.

Aturan lima jam ini juga bisa menjadi strategi pengembangan diri yang bermanfaat untuk berbagai keperluan dan cocok bagi banyak kepribadian.

Metode ini pada dasarnya tidak dirancang untuk tipe orang tertentu, tetapi didasari oleh nilai atau value dari pengembangan diri dapat menjadi sesuatu yang berharga bagi banyak orang.

Secara alami, mereka yang memiliki rasa ingin tahu, semangat belajar tinggi dan tujuan spesifik akan membuatnya lebih dekat pada pintu kesuksesan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/12/28/075216420/rahasia-kesuksesan-aturan-5-jam-ala-bill-gates-mau-coba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke