Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Busana Capres Saat Debat, Ada Jaket Bomber Merek Lokal

Kompas.com - 08/01/2024, 15:34 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Selain materi debat, penampilan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) turut menarik perhatian masyakarat dalam adu gagasan tersebut. 

Misalnya, pada debat ketiga, Minggu (7/1/2024), pasangan calon (paslon) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengenakan jaket bomber berwarna hijau army yang dipadankan dengan kemeja putih. 

Baca juga:

Sementara paslon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan  paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memilih busana formal, jas dan kemeja. 

Berikut serba-serbi busana capres saat debat seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Jas hitam 

Calon presiden-wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memasuki ruangan untuk mengikuti debat kedua calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Berikut serba-serbi busana capres cawapres saat debat.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Calon presiden-wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memasuki ruangan untuk mengikuti debat kedua calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Berikut serba-serbi busana capres cawapres saat debat.

Paslon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memilih setelan formal saat menghadiri debat, baik debat pertama hingga ketiga. 

Keduanya kompak mengenakan jas hitam yang dipadukan dengan kemeja putih. Ada tulisan AMIN, pada jas sebelah kiri yang merupakan akronim dari Anies-Muhaimin

Keduanya melengkapi penampilan formal tersebut dengan sepatu warna hitam. 

2. Kemeja biru 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Berikut serba-serbi busana capres cawapres saat debat.Dok. Tim Komunikasi Gerindra Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Berikut serba-serbi busana capres cawapres saat debat.

Serupa, paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memilih setelah formal. Terdiri dari kemeja biru muda yang dipadankan dengan celana hitam.

Baik Prabowo maupun Gibran konsisten mengenakan busana serupa dalam debat pertama hingga ketiga. Dalam beberapa kesempatan, keduanya juga memakai kemeja biru muda saat kampanye. 

3. Kemeja bertuliskan “Tas Tes, Sat Set”

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (depan kiri) dan Mahfud MD (depan kanan) berdiri sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Berikut serba-serbi busana capres cawapres saat debat.
ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (depan kiri) dan Mahfud MD (depan kanan) berdiri sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Berikut serba-serbi busana capres cawapres saat debat.

Jika paslon nomor urut satu dan dua memilih setelan formal, berbeda halnya dengan paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dalam beberapa kesempatan, keduanya mengenakan baju adat hingga jaket bomber. 

Pada debat pertama, Selasa (12/12/2023), paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD, kompak mengenakan kemeja putih. Bedanya, ada tulisan “Sat-Set” pada kemeja yang dipakai Ganjar Pranowo dan “Tas-Tes” di kemeja Mahfud MD. 

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Hasto Kristiyanto menjelaskan makna tulisan tersebut adalah visi-misi paslon untuk menyelesaikan semua masalah dengan solusi cepat dan tepat.

"Dari survei menunjukkan bahwa Pak Ganjar punya brand yang sangat kuat, punya image yang sangat kuat dan ini dibangun dari keberhasilan Pak Ganjar. Bahwa Sat-Set itu (maknanya) suatu solusi cepat, suatu solusi tepat," kata Hasto dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/12/2023).

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com