Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Properti Syuting The Crown Dilelang, Ada Gaun Penobatan Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 12/01/2024, 16:10 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Kostum, properti, dan sejumlah detail set serial The Crown bakal dipajang di London, Inggris pekan ini, sebelum nantinya akan dilelang di Bonhams pada 7 Februari 2024.

Adapun serial yang tayang di Netflix selama enam musim ini menampilkan kisah keluarga Kerajaan Inggris, dengan menyoroti sosok Ratu Elizabeth II selama menduduki tahta.

Baca juga: Gaun Tosca Ikonik Putri Diana Muncul di Serial The Crown dalam Versi Berbeda

Berbagai replika yang menjadi properti syuting bakal turut dilelang.

Ini termasuk replika gaun penobatan Ratu Elizabeth II hingga Gold State Coach alias kereta kuda kerajaan yang pernah dimunculkan dalam serial, seperti dikutip dari Reuters.

Gaun hingga aksesori replika Rath Elizabeth II dilelang

Ada lebih dari 450 item yang akan dilelang.

Di antaranya termasuk kostum-kostum yang pernah dikenakan oleh para pemeran Ratu Elizabeth II dan pakaian yang dikenakan Elizabeth Debicki, pemeran Putri Diana pada musim terakhir serial ini.

Meski fokusnya adalah properti Sang Ratu, tetapi ada pula sejumlah properti syuting pemeran lainnya.

"Banyak barang yang dijual berasal dari enam musim serial ini," kata direktur penjualan rumah dan koleksi pribadi dan ikonik di Bonhams, Charlie Thomas.

Baca juga: Deretan Mahkota Kerajaan Inggris dan Perhiasan Ratu Elizabeth II

Replika gaun penobatan Ratu, mantel kekaisaran, dan jubah penobatan yang dikenakan pemeran Ratu pada musim pertama, Claire Foy, ditaksir bakal dilelang seharga sekitar 20.000-30.000 poundsterling (sekitar Rp 396 juta hingga Rp 594 jutaan).

Sementara gaun hitam tanpa bahu yang dikenakan Debicki di musim kelima, atau gaun yang terinspirasi "Gaun Balas Dendam" Putri Diana, dibanderol 8.000-12.000 poundsterling (sekitar Rp 158 juta hingga Rp 237 jutaan).

Penasaran dengan harga lelang kereta kuda kerajaan? Satu-satunya reproduksi Gold State Coach itu dilelang seharga 30.000-50.000 poundsterling (sekitar Rp 594 juta hingga Rp 990 jutaan).

Sedangkan kursi yang digunakan sebagai properti saat penobatan dibanderol 10.000-20.000 poundsterling (sekitar Rp 198 juta hingga Rp 396 jutaan).

Baca juga: 6 Perhiasan Mewah Warisan Ratu Elizabeth II

Akan ada juga replika gerbang besi tempa Istana Buckingham yang dilelang 6.000-8.000 poundsterling (sekitar Rp 119 juta hingga Rp 159 jutaan) dan lainnya.

Sekitar 150 lot akan dilelang dalam penjualan langsung pada 7 Februari, sementara sekitar 300 lainnya ditawarkan sebagai bagian dari lelang online yang berlangsung pada 11 Januari hingga 8 Februari.

Hasil dari penjualan langsung akan digunakan untuk membangun program beasiswa di National Film and Television School, yang memiliki lokasi pelatihan di seluruh Inggris.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com