Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Pakaian yang Sebaiknya Tidak Dibeli Secara Online 

Kompas.com - 15/01/2024, 17:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Belanja online sudah menjadi salah satu alternatif shopping yang kerap dilakukan semua orang. Cara ini menjadi pilihan karena prosesnya mudah, pilihannya banyak, harganya bersaing, dan kita tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang yang kita inginkan.

Meski begitu, jika menyangkut busana, mengklik "tambahkan ke keranjang" tidak selalu merupakan pilihan terbaik. Faktanya, ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli secara online, baik karena alasan ukuran maupun kualitas yang perlu kita perhatikan.

Baca juga: Model Pakaian yang Sering Dibeli Online oleh Gen Z dan Milenial

Berikut adalah item pakaian yang menurut para ahli sebaiknya dibeli dengan melihat dan memegang barangnya secara langsung.

1. Sepatu lari 

Ilustrasi sepatu larioneinchpunch Ilustrasi sepatu lari
Meskipun beberapa jenis sepatu bisa dibeli secara online selama kita mengetahui ukurannya dan familiar dengan mereknya, para ahli mengeceualikan sepatu lari. 

Sepatu lari akan sangat menentukan kenyamanan dan keselamatan kaki saat kita memakainya. Jika kita mengenakan ukuran yang salah, tidak pas, atau tidak sesuai dengan kebutuhan lari kita, maka kaki yang bakal menanggung akibatnya.

“Bentuk kaki dan cara kaki kita menginjak tanah saat berlari dapat menentukan jenis sepatu lari yang kita butuhkan,” kata Katie Roberts, analis konsumen DealNews.com, kepada Best Life. 

“Jika kamu membeli sepatu lari secara online dan berharap semua sepatu lari akan sama rasanya, maka kamu berisiko mengalami pengalaman lari yang tidak nyaman, atau bahkan mengalami rasa sakit dan cedera.”

“Sebaliknya, bila kita berbelanja sepatu lari secara langsung, kita dapat mencoba berbagai pilihan, merasakan bobotnya, dan mencobanya untuk melihat mana yang terasa nyaman saat dipakai berlari,” tambah Roberts.

Baca juga: Bagaimana Memilih Sepatu Lari yang Tepat?

2. Sepatu hak tinggi

Ilustrasi high heels Ilustrasi high heels
Sepatu hak tinggi adalah jenis sepatu yang paling sulit dan repot untuk dipakai, jadi tidak masuk akal untuk membelinya secara online tanpa mencoba. 

"Sepatu hak tinggi bukanlah sepatu yang nyaman dan mudah dipakai. Karenanya kita harus mendapatkan yang benar-benar cocok agar saat memakainya tidak semakin tersiksa. Cara yang paling tepat adalah dengan mencobanya sebelum membeli," kata John Smith, penata busana di Leather Skin Shop.

“Membelinya secara online dapat mengakibatkan pemilihan ukuran yang salah, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Bisa jadi sepatu yang dibeli secara online justru tidak bisa dipakai karena ukurannya tidak tepat."

Baca juga: Tips Memakai High Heels Tanpa Rasa Sakit

3. Setelan jas yang ukurannya pas

Ilustrasi laki-laki memakai setelan jas. Dok. Unsplash/Heng Films Ilustrasi laki-laki memakai setelan jas.
Banyak toko online menyediakan tabel ukuran sehingga kita bisa memperkirakan size apa yang akan kita beli. Namun untuk barang tertentu, seperti setelan jas (yang diharapkan akan jatuh sesuai bentuk tubuh) kita akan mendapatkan kecocokan dan perasaan yang lebih baik jika pergi ke tokonya langsung dan mencobanya.

Dengan pergi ke toko kita juga bisa merasakan bahannya, sekaligus mendapat saran tentang setelan jas mana yang paling cocok dengan tubuh dan keperluan kita.

“Setelan taylored atau yang berpotongan pas memerlukan pengukuran yang tepat dan harus dilakukan secara langsung,” jelas Smith. 

"Karena setelan jas memiliki beberapa pilihan penyesuaian, penting untuk mencoba setelan tersebut agar mendapatkan kecocokan yang sempurna. Kita juga bisa mendapatkan saran dari penjahit berpengalaman atau pakar mode, sesuatu yang tidak kita dapatkan saat membeli secara online."

Baca juga: 5 Trik Membuat Setelan Jas Murah Terlihat Lebih Mahal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com