Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Perempuan Indonesia Suka Menggunakan Makeup Simpel dan Cocok dengan Merek Lokal

Kompas.com - 15/01/2024, 22:48 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Produk-produk kecantikan di Indonesia semakin berkembang dengan hadirnya berbagai variasi makeup dan skincare. Hal ini tidak lepas dari makin banyaknya orang yang ingin memperbaiki penampilannya dan sadar akan perawatan diri.

Perkembangan ini juga didorong oleh kehadiran skincare merek lokal yang makin populer dan menarik perhatian karena kualitasnya yang tidak kalah dan harganya yang lebih terjangkau. 

Berdasarkan survei Jakpat, mayoritas perempuan Indonesia menganggap penggunaan makeup penting, terutama bagi mereka yang bekerja. 

Survei yang melibatkan lebih dari 2000 responden ini juga mencari tahu kebiasaan orang-orang dalam pemakaian produk makeup dan skincare, hingga mengidentifikasi merek produk apa saja yang sering digunakan di tahun 2023.

Menurut hasil survei Jakpat, kegiatan sehari-hari tampaknya memengaruhi seberapa penting penggunaan makeup, di mana sebagian besar pelajar (54%) dan yang bekerja (69%) menganggap makeup penting dibandingkan dengan mereka yang tidak bekerja (47%).

Tren Makeup 

Sebagian besar perempuan Indonesia (67%) mengakui jika mereka memakai makeup simpel dalam kegiatan sehari-hari. Makeup simpel ini mengacu pada penggunaan produk riasan dalam jumlah terbatas dengan maksimal 3 produk. 

Tren ini ditunjukkan semua kelompok usia, tingkat sosial ekonomi, dan pekerjaan. 

Sedangkan kecenderungan untuk menggunakan makeup lengkap setiap hari (hanya 8% responden) ditunjukkan oleh Gen Z, segmen atas, dan mereka yang bekerja.

Pada penggunaan lip product, lip balm memimpin dengan 44%, lalu lip cream 40%, lipstik 38%, liptint 39%, dan lipgloss 20%. Sedangkan penggunaan brow product didapati banyak yang memakai brow pencil sebanyak 82%, lalu brow gel 40%, dan brow pomade 7%. 

Baca juga: Apakah Boleh Menggunakan Makeup Setiap Hari?

Tren Skincare 

Sebanyak 74% responden mengakui jika merek lokal menarik perhatian mereka dalam 6 bulan terakhir. Dibandingkan dengan merek asing, 73% pengguna produk skincare mengakui jika produk skincare lokal lebih cocok dengan kondisi kulit mereka. 

Pada kandungan produk, vitamin C masih menjadi bahan perawatan kulit yang paling populer, dengan lebih dari separuh responden mengklaim bahwa produk perawatan kulit mereka mengandung vitamin C. Selain itu, niacinamide dan salicylic acid menjadi kandungan skincare teratas yang paling tenar. 

Halal, bebas alkohol, dan uji dermatologis adalah klaim perawatan kulit yang dianggap paling penting oleh sebagian besar responden, dan wanita cenderung lebih mempertimbangkan klaim skincare ini daripada pria. 

Pembelian Produk Kecantikan 

E-commerce menjadi tempat teratas pembelian makeup dan skincare secara online, selain media sosial dan website resmi. Sedangkan, pembelian makeup secara offline toko kosmetik memimpin dengan 51%, minimarket/supermarket dengan 37%, department store 15%, dan sales 10%.

Sedangkan pembelian skincare secara offline lebih banyak dilakukan di minimarket/supermarket dengan 38%, toko kosmetik 32%, department store 17%, dan sales 8%.

“Melihat dari data retail 2023, penjualan makeup dan kosmetik mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya," ucap Head of Research Jakpat, Aska Primardi dalam keterangan pers. 

"Walaupun mayoritas pembelian dilakukan secara online, kita perlu memperhatikan pembelian offline via toko kosmetik untuk makeup, dan via minimarket untuk skincare, karena pengalaman membeli secara offline bisa membantu konsumen menilai produknya secara langsung dan mencoba sebelum membeli. Baru kemudian pada tahap repurchasing bisa dilakukan via online,” lanjut Aska. 

Dari mana konsumen mendapat informasi soal makeup maupun skincare? Menurut survei, akun dan iklan media sosial menjadi 2 sumber utama informasi mengenai produk kecantikan. Selain itu, sebagian besar responden mengandalkan Instagram dan TikTok saat mencari referensi produk kecantikan.

Baca juga: 9 Tips Skincare yang Penting untuk Melindungi Kulit dari Polusi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com