BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Erha

Jangan Tunggu Muncul Kerutan, Kenali Waktu yang Tepat untuk Memulai Perawatan Anti-aging

Kompas.com - 16/01/2024, 17:03 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seiring dengan pertambahan usia, kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit, termasuk kulit wajah, tidak dapat dihindari.

Hal itu disebabkan oleh kandungan kolagen dan elastin pada kulit yang mulai terurai secara alami sehingga membuat kulit menjadi lebih kendur dan muncul kerutan.

Paparan sinar ultraviolet dan gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok dan konsumsi alkohol, juga dapat mempercepat munculnya tanda penuaan.

Tak hanya itu, dilansir dari laman medicalnewstoday.com, Selasa (8/2/2022), ekspresi wajah yang kerap dilakukan berulang-ulang, seperti mengerutkan kening atau menyipitkan mata, dapat menimbulkan kerutan permanen di sekitar area tersebut.

Meski tidak dapat dihentikan, kemunculan tanda penuaan pada kulit bisa diperlambat, bahkan tampilan kulit dapat diperbaiki. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan anti-penuaan atau anti-aging.

Waktu perawatan anti-aging

Konsultan Dermatologi Fortis Memorial Research Institute Dr Sonal Bansal, yang dilansir dari laman Healthshots mengatakan, secara umum penuaan terdiri dari dua jenis, yakni internal dan eksternal.

Dr Sonal menjelaskan, penuaan pertama kali terjadi dari dalam kulit (internal) dan kemudian terlihat di luar kulit (eksternal) yang muncul dalam bentuk garis-garis halus. Maka dari itu, penggunaan produk anti-penuaan dibutuhkan untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan tersebut.

"Kebanyakan orang harus mulai menggunakan produk anti-aging pada saat mereka mencapai usia awal 30-an," kata Dr Sonal.

Meski begitu, perawatan anti-aging juga sudah bisa dilakukan sebelum usia 30 tahun atau sebelum tanda-tanda penuaan mulai terlihat. Dengan begitu, produk anti-aging dapat bekerja efektif serta memiliki kesempatan untuk menunda munculnya tanda-tanda penuaan.

Dilansir dari laman businessinsider.com, kamu bisa memasukkan produk perawatan kulit (skincare) anti-aging dalam rutinitas perawatan kulit sedini mungkin atau dimulai sejak awal usia 20-an.

Hal tersebut dapat membuat masalah kulit yang muncul akibat penuaan lebih sedikit terjadi ketimbang baru menggunakan produk anti-aging di akhir usia 30-an.

Adapun produk skincare anti-aging yang dapat kamu gunakan sejak awal usia 20-an adalah pelembab dengan kandungan bahan aktif, seperti vitamin C, hyaluronic acid, alpha-hydroxy acid (AHA), retinol, dan copper peptide.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan sunscreen penting untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar ultraviolet.

Perawatan solusi anti-aging

Tak hanya menggunakan produk skincare, tanda-tanda penuaan juga dapat dicegah dan diatasi dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Berbeda dengan perawatan anti-aging mandiri yang hanya menggunakan produk skincare, perawatan anti-aging di klinik kecantikan umumnya menggunakan teknologi atau alat khusus, seperti teknologi laser.

Biasanya, perawatan anti-aging di klinik juga dikombinasikan dengan beberapa produk skincare sesuai anjuran dokter kulit untuk hasil yang lebih optimal.

Saat ini, banyak klinik kecantikan yang menawarkan paket khusus perawatan anti-aging. Salah satu klinik yang bisa jadi pilihan adalah Anti Aging Center dari Erha Ultimate.

Sebagai solusi nomor satu anti-aging yang direkomendasikan berdasarkan data Brand Health Tracking dari Kantar pada 2022, Anti Aging Center dari Erha Ultimate memiliki tiga layanan unggulan yang dapat membantu kamu mengatasi tanda-tanda penuaan.

Salah satu paket perawatan yang ditawarkan Anti Aging Center dari Erha Ultimate, yakni Ultimate Younger Value Kit menggunakan teknologi Photorejuvenation Laser guna mengatasi tanda-tanda penuaan. dok. Erha Ultimate Salah satu paket perawatan yang ditawarkan Anti Aging Center dari Erha Ultimate, yakni Ultimate Younger Value Kit menggunakan teknologi Photorejuvenation Laser guna mengatasi tanda-tanda penuaan.

Pertama, Ultimate Younger Value Kit. Paket ini bermanfaat untuk membuat kulit sehat, kenyal, dan awet muda. Konsumen akan mendapatkan konsultasi dengan dermatologist atau skin expert, satu kali Photorejuvenation Laser, serta paket produk perawatan yang dipersonalisasi sesuai kondisi kulit.

Sebagai informasi, Photorejuvenation Laser merupakan perawatan menggunakan sinar laser yang mampu membantu meremajakan kulit dengan perawatan yang non-invasif serta tidak memerlukan waktu istirahat (no downtime).

Kedua, Bloom In Youth Value Kit. Paket perawatan ini dapat membantu untuk meraih kulit halus impian dengan mengangkat sel kulit mati, menyamarkan garis halus, dan age spot . Dalam paket ini, konsumen akan mendapatkan konsultasi dengan dermatologist atau skin expert, satu kali Insta Youthful by Retinol Peeling, serta paket produk perawatan yang dipersonalisasi sesuai kondisi kulit.

Insta Youthful by Retinol Peeling merupakan perawatan yang dapat membantu kulit selalu awet muda karena menggunakan retinol dengan kadar 3 persen.

Ketiga, Anti Aging Product Kit. Paket ini merupakan langkah pertama untuk awet muda. Konsumen akan mendapatkan konsultasi dengan dermatologist atau skin expert, dan paket berupa produk perawatan yang disesuaikan dengan kondisi kulit konsumen dan memiliki efikasi tinggi.

Dengan begitu, produk dapat lebih efektif dalam mengatasi tanda penuaan. Keamanan produknya juga terjamin karena telah diuji dan disetujui oleh dokter kulit.

Itulah rekomendasi waktu yang tepat untuk memulai perawatan anti-aging. Selain perawatan secara mandiri, kamu juga bisa melakukan perawatan anti-aging di Anti Aging Center dari Erha Ultimate.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Anti Aging Center dari Erha Ultimate dan paket perawatan yang ditawarkan, silakan kunjungi akun Instagram Erha Anti Aging Center.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com