Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaun Koktail Hitam Putri Diana Terjual Seharga Rp 5 Miliar

Kompas.com - 20/01/2024, 11:33 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Gaun koktail hitam velvet yang pernah dikenakan mendiang Putri Diana terjual seharga 325.000 dollar Amerika Serikat (AS) (sekitar Rp 5,07 miliar), dalam pelelangan yang diadakan oleh rumah lelang di California, AS, Julien's Auctions, Kamis (18/1/2024).

Didesain oleh mendiang Catherine Walker, gaun ini awalnya diperkirakan akan terjual antara 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,56 miliar) sampai 200.000 dollar AS (sekitar Rp 3,12 miliar) dalam pelelangan bertajuk Unstoppable: Signature Styles Iconic Women In Fashion.

Baca juga: Gaun Putri Diana Laku Dilelang Rp 17,8 Miliar

Tapi, ternyata pelelangan gaun tersebut melebihi ekspektasi lantaran penawaran yang menang mencapai 325.000 dollar AS, dikutip dari E! Online, Sabtu (20/1/2024).

"Gaun ini menampilkan garis-garis jelas dan bentuk leher off-the-shoulder, korset dengan jahitan princess dengan bagian dalam bustier bertulang, dan keliman selutut," bunyi keterangan dari laman resmi Julien's Auctions. 

Sebagai informasi, sosok bernama Diana Spencer ini disebut menyukai gaun off-the-shoulder dan halterneck pada awal tahun 1990-an. Sebab, gaun-gaun tersebut memperlihatkan bahunya.

Baca juga:

Gaun koktail hitam velvet yang pernah dipakai oleh mendiang Putri Diana ke acara pribadi. Gaun ini dilelang oleh rumah lelang asal Amerika Serikat, Julien's Auctions, pada Kamis (18/1/2024).Dok. Julien's Auctions Gaun koktail hitam velvet yang pernah dipakai oleh mendiang Putri Diana ke acara pribadi. Gaun ini dilelang oleh rumah lelang asal Amerika Serikat, Julien's Auctions, pada Kamis (18/1/2024).

Gaun berlapis sutra hitam ini didesain untuk selalu terlihat sempurna saat dipakai oleh mantan istri Raja Charles III asal Inggris ini.

Tidak hanya itu, gaun yang dikenakan ke acara pribadi ini memiliki aksen warna putih gading. Aksen tersebut terlihat di bagian leher, ujung lengan, dan keliman. 

Terinspirasi dari elemen bahari, gaun ini juga dilengkapi dengan trim satin warna putih gading. Satinnya dibuat menyerupai garis-garis tali yang digulung. 

Baca juga: Bahasa Tubuh Kate Middleton Dinilai Sangat Mirip dengan Putri Diana

Adapun Putri Diana kerap memakai pakaian yang didesain oleh Catherine Walker, bahkan jumlahnya mencapai lebih dari 1.000 desain. 

Bahkan, setelah meninggal pada tahun 1997, Putri Diana dikabarkan dimakamkan dengan mengenakan gaun hitam yang ia beli dari Walker.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com