Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sweater Rajut Putri Diana Laku Dilelang Seharga Rp 17,5 Miliar

Kompas.com - 17/09/2023, 10:55 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Sweater rajut milik Putri Diana laku di pelelangan dengan harga 1,14 juta dollar AS atau setara Rp 17,5 miliar.

Atasan berwarna merah dengan gambar domba itu merupakan salah satu outfit favorit sekaligus ikonik ibu Pangeran William itu semasa hidupnya.

Ia pertama kali memakainya saat hadir di pertandingan polo Raja Charles, sebulan sebelum pernikahan mereka tahun 1981.

Setelah itu, ia berulang kali menggunakannya dalam berbagai kesempatan berbeda, memadukannya dengan celana jeans, celana cutbray maupun rok yang elegan.

Baca juga: Kisah Jam Tangan Cartier Favorit Putri Diana

Busana dari merek pakaian rajut Warm & Wonderful itu terjual dengan harga mengesankan di rumah lelang Sotheby's, New York.

Harganya bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan perkiraan awal yang hanya sekitar 50.000 dollar AS.

Sebagai bagian dari lelang Fashion Icons perdana di Sotheby's, sweater tersebut dijual bersama dua surat yang merinci kecintaan mantan Princess of Wales itu pada pakaian tersebut.

Dalam salah satu suratnya, Putri Diana menyebutnya sebagai "rajutan yang sangat disukainya"; yang kedua adalah surat terima kasih atas pakaian favoritnya itu.

Baca juga: Bahasa Tubuh Kate Middleton Dinilai Sangat Mirip dengan Putri Diana

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LoveMeTwoTimes (@lovemetwotimesbaltimore)

Sweater tersebut sempat berhenti diproduksi tahun 1994 tapi Warm & Wonderful merilisnya ulang pada 2019 atas permintaan Jack Carlson, kreatif desainer label busana AS, Rowing Blazers.

"Diana adalah ikon gaya pribadi saya," kata Carlson.

"Dia menyempurnakan seni memadukan pakaian tinggi dan rendah serta mengaburkan batas antara pakaian pria dan pakaian wanita."

Carlson bahkan menyebut sweater ini sebagai salah satu busana ikonik Putri Diana, selain revenge dress yang terkenal.

Baca juga: Shakira Pakai Revenge Dress ala Putri Diana, Sindir Gerard Pique?

"Pilihan fesyen Putri Diana mendobrak batasan dengan mencerminkan perubahan iklim sosial dan merangkul persepsi feminitas yang terus berkembang,” jelas Cynthia Houlton, Kepala Divisi Fashion dan Aksesoris Sotheby's.

“Dengan menggabungkan karya desainer kelas atas dengan pakaian sehari-hari yang lebih mudah didapat, gaya Diana menghasilkan gelombang peniruan dan kekaguman – yang tetap bertahan hingga hari ini," tambahnya.

Hal tersebut meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di dunia mode dan mengukuhkanPutri Diana sebagai ikon dalam sejarah mode.

Baca juga: Cerita di Balik Cincin Tunangan Kate Middleton Warisan Putri Diana

"Pakaian luar biasa ini, yang dirawat dengan cermat, mencerminkan keanggunan, pesona, dan minat Putri Diana terhadap fesyen," pungkas Houlton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com