Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Benda yang Dianggap Membawa Keberuntungan di Seluruh Dunia

Kompas.com - 30/01/2024, 15:35 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Keberuntungan adalah misteri. Ada orang yang tampaknya selalu beruntung, sementara ada orang lain yang kerap tertimpa sial.

Meski nasib sulit ditebak, tapi semua orang di seluruh dunia mengharapkan keberuntungan. Kita bahkan mencari berbagai cara dan jimat agar keberuntungan itu datang menghampiri.

Sejujurnya, siapa sih yang tidak menginginkan benda ajaib yang dapat melindungi mereka dari kejahatan, penyakit, kemalangan, dan bahkan kecemburuan? 

Dalam budaya berbagai suku di Indonesia, jimat bukanlah hal yang asing. Entah itu berupa kayu dari pohon tertentu, batu akik dan batu hias lain, hingga pusaka-pusaka yang dipercaya mendatangkan rejeki dan mengusir malapetaka.

Namun bukan hanya di Indonesia, di berbagai budaya lain di dunia, ada juga hal-hal yang dianggap membawa keberuntungan, mulai dari tanaman pembawa keberuntungan hingga makanan pembawa keberuntungan, dan kisah asal usulnya sangat menarik. 

Beberapa di antaranya berasal dari perayaan, seperti Tahun Baru Imlek atau cerita kuno, ada pula yang berasal dari hal-hal supranatural, takhayul, dan sekadar aneh.

Dan jika kamu bertanya apakah jimat keberuntungan benar-benar manjur, tidak ada bukti ilmiah yang bisa menjawabnya.

Namun perlu diingat, rasa percaya diri bisa membuahkan hasil yang lebih baik dalam sebuah usaha, dan percaya adalah setengah dari perjuangan. Bila dengan membawa jimat kamu bisa menjadi lebih percaya diri, mengapa tidak?

Baca juga: Tips Ciptakan Keberuntungan dalam Hidup dan Karir

Jimat keberuntungan menurut berbagai bangsa

Nah, bila kamu ingin tahu, berikut berbagai simbol dan benda yang dianggap membawa keberuntungan dalam berbagai budaya di dunia:

1. Semanggi berdaun empat (Irlandia)

Daun semanggi Daun semanggi
Khasiat yang dibawanya: Keberuntungan, kemakmuran, dan perlindungan

Apa yang dianggap pembawa keberuntungan oleh orang Irlandia? Ya, semanggi berdaun empat! Sebagai salah satu jimat keberuntungan paling terkenal di dunia Barat, semanggi langka ini telah menjadi simbol nasib baik dan kemakmuran selama ratusan tahun. 

Mitos ini bahkan menyebutkan bahwa semanggi berdaun empat adalah salah satu benda yang dibawa Hawa  sebagai suvenir dari taman Firdaus atau Eden.

Menurut tradisi Celtic kuno, jika kamu memegang semanggi berdaun empat, kamu akan terlindungi dari bahaya, nasib buruk, dan roh jahat. Namun, tidak mudah menemukan semanggi berdaun empat: Peluang kita untuk menemukannya adalah sekitar 1 banding 10.000.

2. Kaki kelinci (hampir seluruh dunia)

Jimat kaki kelinci Jimat kaki kelinci
Khasiat yang dibawanya: Keberuntungan dan kepintaran

Saat ini, kaki kelinci dianggap sebagai simbol keberuntungan hampir di seluruh dunia, meski kelinci yang diambil kakinya tentu tidak setuju. Coba pikirkan: jimat keberuntungan yang melibatkan pemotongan kaki hewan hidup?

Selain itu, beberapa legenda menyatakan bahwa kelinci yang akan diambil kakinya harus ditangkap di kuburan; ada pula yang mengatakan bahwa tindakan tersebut harus dilakukan pada saat bulan purnama atau bulan baru; dan yang lain lagi menetapkan bahwa agar jimat keberuntungan ini benar-benar berfungsi, kelinci harus ditangkap pada hari Jumat --lebih baik lagi hari Jumat tanggal 13.

Jadi mengapa kaki kelinci? Beberapa budaya percaya bahwa kelinci adalah penyihir yang bisa berubah bentuk, jadi kaki kelinci sebenarnya sama dengan kaki penyihir yang sudah mati. 

Sementara itu, di Amerika Serikat sebelum perang, kaki kelinci merupakan simbol populer di kalangan komunitas Afrika yang diperbudak, yang percaya bahwa kelinci melambangkan kepintaran. 

Saat ini, kaki kelinci masih menjadi simbol keberuntungan di banyak tempat di dunia, termasuk Eropa, Tiongkok, Afrika, serta Amerika Utara dan Selatan.

Baca juga: Anggrek hingga Krisan, 7 Tanaman Hias Berbunga yang Bawa Keberuntungan

3. Dreamcatcher atau Penangkap Mimpi (Amerika Utara)

Ilustrasi dream catcher atau penangkap mimpiFREEPIK.COM Ilustrasi dream catcher atau penangkap mimpi
Khasiat yang dibawanya: Perlindungan dan ketenangan pikiran

Simbol keberuntungan bagi komunitas penduduk asli Amerika di seluruh Amerika Utara, dreamcatcher terbuat dari tali atau urat, manik-manik, dan bulu yang diikat menjadi satu. Tujuannya? Untuk menyaring mimpi buruk sehingga hanya mimpi positif yang masuk ke alam bawah sadar orang yang sedang tidur.

Meskipun berbagai suku menafsirkan kemampuan dreamcatcher dengan cara yang sedikit berbeda, banyak yang menyamakan jimat ini dengan Spider Woman, pelindung manusia dalam mitologi Navajo. Saat ini, penangkap mimpi terus dipandang sebagai objek yang bisa menangkal hal-hal negatif, memberi perlindungan, dan menawarkan ketenangan pikiran.

4. Nazar (Turki)

Simbol nazar boncugu yang dianggap melindungi orang Turkiye (Pixabay/Zehra Saldirdak).Zehra Saldirdak Simbol nazar boncugu yang dianggap melindungi orang Turkiye (Pixabay/Zehra Saldirdak).
Khasiat yang dibawanya: Perlindungan

Mata jahat, pergilah! Beberapa budaya percaya bahwa tatapan iri dapat menimbulkan kerugian atau kemalangan pada orang yang menerimanya —tetapi jika mereka mendapat nazar boncu?u, mereka akan terlindungi. 

Di negara-negara seperti Turki, Armenia, Iran, Albania, dan Afganistan, banyak orang yang menggantungkan jimat manik-manik kaca berbentuk mata ini di rumah mereka atau memakai jimat nazar di leher mereka untuk mengusir kejahatan dan kesialan.

Jimat mata jahat ini juga menjadi pernak-pernik turis yang populer, dan mata berwarna biru bulat itu kini menjadi lambang keberuntungan yang paling banak dibeli pelancong. 

Menurut pengetahuan, nazar yang paling kuat berwarna biru karena warnanya melambangkan langit, tempat para dewa bersemayam dan mengawasi kita. 

5. Biji pohon ek (Inggris)

Biji pohon ek Biji pohon ek
Khasiat yang dibawanya: Kesehatan yang baik

Jika kamu melihat biji pohon ek yang jatuh ke tanah, pertimbangkan untuk memungutnya dan memasukkannya ke dalam saku. Mengapa? Karena menurut legenda Inggris, biji ek merupakan simbol keberuntungan yang dapat melindungi kesehatan kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com