Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2024, 12:22 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaun pengantin adalah salah satu bagian yang paling esensial dalam pernikahan. 

Melansir Vogue, Jumat (2/2/2024), biasanya gaun pengantin didesain berwarna putih secara keseluruhan, karena dianggap menandakan kemurnian dan kepolosan.

Hal ini sudah dijadikan tradisi sejak Ratu Victoria mengenakan gaun warna putih saat hari pernikahannya dengan Pangeran Albert, pada 10 Februari 1840. 

Namun, apakah dalam pernikahan saat ini, gaun pengantin masih harus warna putih?

Baca juga: Selena Gomez Terpergok Pakai Gaun Pengantin Serba Putih, Ada Apa?

Baca juga: Jennifer Lopez Kenakan 5 Gaun Pengantin Saat Nikahi Ben Affleck

Sudah tidak harus warna putih

Gaun pernikahan yang dipamerkan di booth AGVSTA by Bethania, di Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Gaun pernikahan yang dipamerkan di booth AGVSTA by Bethania, di Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).

Beberapa desainer gaun pengantin yang Kompas.com temui di pameran wedding Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024), mengungkap bahwa warna putih sudah tak lagi jadi patokan mereka untuk membuat desain gaun pengantin

Bethania (34), salah satunya, yang mengatakan demikian. 

“Udah nggak (selalu putih), kok. ini yang dipamerkan di booth aku ini udah nggak pure putih. Tapi ada sentuhan nude-nya. Soalnya, kalau ngikutin warnanya mau putih banget, udah enggak jaman lagi,” kata Bethania saat ditemui Kompas.com, di booth AGVSTA by Bethania, Kamis (1/2/2024). 

Selaras dengan Bethania, desainer gaun pengantin Jessica Evadne (29) juga mengatakan hal serupa. 

Gaun pernikahan yang dipamerkan di booth Evadne Atelier, Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Gaun pernikahan yang dipamerkan di booth Evadne Atelier, Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).

“Sekarang gaun pengantin itu udah nggak ada yang bener-bener putih lagi. Ini kalau dilihat secara seksama, gaun-gaun yang dipamerkan di sini nggak ada lagi yang warna putih banget. Kebanyakan memang sudah ke arah nude kayak rose gold, beige, cream,” jelas Jessica saat ditemui di booth Evadne Atelier. 

Menurut Jessica, saat ini para calon pengantin pun juga akan lebih memilih gaun yang punya sentuhan warna nude karena akan membuat warna kulitnya lebih ‘menyala’. 

“Para desainer pasti sekarang akan menyarankan bride-to-be, untuk memilih warna nude, karena lebih ‘masuk’ juga sama warna kulit orang Indonesia, kan. Intinya udah enggak harus pure putih, kok,” lanjutnya. 

Baca juga: 8 Warna Terlarang untuk Dipakai ke Kondangan Nikah

Tergantung keinginan calon pengantin

Kebaya pengantin yang dipamerkan di booth Kaingara Studio, Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Kebaya pengantin yang dipamerkan di booth Kaingara Studio, Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).

Lain halnya dengan desainer gaun dan kebaya pengantin Kaingara Studio, Sara (29) yang mengatakan bahwa saat ini para calon pengantin sudah mulai fleksibel dalam memilih warna gaun yang akan dipakai. 

“Klien-klien aku sih nggak terpaku warna putih ya. Mereka lebih suka warna yang lebih pop up, terutama untuk pernikahan dengan kebaya, misalnya pakai warna merah marun, fuschia, amethyst,” kata Sara. 

Bahkan, Sara mengungkap, para kliennya yang juga terkadang meminta desain gaun pengantin mereka yang warna putih, dikombinasi dengan warna lain seperti pink atau fuschia. 

“Kalau dibilang sekarang gaun pengantin harus warna putih, kayaknya udah enggak lagi deh. Benar-benar sekarang itu tergantung keinginan dan referensi dari si calon (pengantin)-nya sih. Kami juga kan menyesuaikan dengan personality calon pengantinnya untuk menentukan desain itu,” lanjut Sara.

Baca juga: 6 Pantangan agar Tak Salah Kostum Saat Kondangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com