Kompas.com - 15/11/2021, 19:49 WIB

KOMPAS.com - Memilih pakaian yang dikenakan untuk menghadiri pesta pernikahan sahabat atau kerabat bisa menjadi hal yang pelik.

Kita semua ingin tampil menawan dan pantas untuk menghargai pengantin yang telah mengundang. Namun penampilan yang terlalu mencolok dan menarik perhatian juga dinilai menyalahi etika sosial.

Baca juga: Belajar dari Kendall Jenner, Etika Ketika Menghadiri Acara Pernikahan

Memilih baju untuk pergi ke pernikahan juga semakin sulit belakangan ini dengan semakin bervariasinya konsep acara tersebut. Ada pesta pernikahan yang mengharuskan kita berpakaian formal namun ada juga yang memungkinkan tamunya berpakaian kasual.

Selain itu, ada banyak faktor yang harus diperhatikan seperti lokasi acara, prosesi dan macam-macam lainnya.

Pantangan agar tidak salah kostum di pesta pernikahan

Beberapa dari kita memikirkan jauh-jauh hari soal busana apa yang akan dikenakan ketik diundang ke pernikahan. Namun ada juga yang lebih santai dan memilih pakaian seadanya ketika berangkat kondangan.

Sebenarnya, penampilan kita di pesta pernikahan orang lain, termasuk pakaian yang digunakan, adalah cara kita menghargai tuan rumah. Maka pastikan kita tidak salah kostum dan malah membuat suasana acara menjadi tidak menyenangkan.

Baca juga: Belajar dari Kendall Jenner, Etika Ketika Menghadiri Acara Pernikahan

Menyalahi dress code

Banyak calon pengantin yang menyertakan dress code untuk tamunya di undangan pernikahan. Hargai permintaan mereka dan sesuaikan pakaian kita dengan tema yang ditetapkan.

Pahami apa yang sebaiknya dipakai dan pakaian apa yang sebaiknya tidak dikenakan. Jika tidak paham dengan temanya, tanyakan kepada kenalan atau brides maid, bukan pengatin wanita, untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Pakaian yang ramai dan mencolok

Etika dasar ketika berbusana di pesta pernikahan adalah jangan berusaha mengungguli pengantin. Hindari pakaian yang terlalu meriah, ramai dan mencolok yang membuat kita jadi pusat perhatian.

Misalnya saja gaun pesta berpayet, sepatu hak super tinggi atau pakaian yang heboh. Pesta pernikahan bukanlah waktu yang tepat untuk membuat fashion statement dengan penampilan kita.

Baca juga: Kendall Jenner Dikritik karena Pakai Dress Berani untuk Kondangan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.