Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Nikah, Lebih Baik Pilih Wedding Planner atau Wedding Organizer?

Kompas.com - 03/02/2024, 14:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya jasa-jasa perencana pernikahan dapat dikatakan menjadi solusi praktis bagi pasangan yang akan menggelar pesta pernikahan. 

Namun kini, muncul istilah-istilah seperti "wedding organizer" dan "wedding planner" di kalangan vendor penyedia jasa pernikahan. 

Bagi calon pengantin yang masih awam dan belum mengenal kedua istilah tersebut pastinya akan merasa kebingungan dalam memilih antara kedua jasa tersebut. 

Lantas, apa perbedaan dari Wedding Planner dan Wedding Organizer?

Baca juga: Ini Bedanya Wedding Organizer dan Wedding Planner

Baca juga: Calon Pengantin, Simaklah Cara Pilih Wedding Organizer Terpercaya

Wedding Planner

Staf Marketing vendor wedding Ohana Enterprise, Jilah Sapitri (23) menjelaskan, keduanya berbeda dari segi fungsi dalam mengorganisir sebuah pesta pernikahan. 

Dalam hal ini, kata Jilah, wedding planner atau WP merupakan jasa perencana pernikahan yang lebih detail dalam mengatur setiap perintilan dari pesta pernikahan. 

Wedding planner ini benar-benar mengatur segala hal mulai dari perencanaan sampai the day pesta pernikahannya. Dia yang mengurus konsep, sampai booking vendor, mempersiapkan katering, pokoknya semua deh,” ujar Jilah kepada Kompas.com, saat ditemui di booth Ohana Enterprise, di Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). 

Jila menuturkan, WP akan sangat berperan dalam segi perencanaan pernikahan, mulai dari konsep hingga budgeting

“(Wedding planner) ini hitungannya kayak asistennya calon pengantin sih. Sangat cocok dipakai (jasanya) sama calon pengantin yang keduanya sama-sama sibuk, jadi nggak punya waktu untuk ngurus pernikahan,” lanjut Jilah. 

Baca juga: Survei: Pernikahan Modern Diminati Tahun 2024

Wedding Organizer

Ilustrasi intimate wedding.UNSPLASH/ALVARO CVG Ilustrasi intimate wedding.

Sedangkan, “Wedding Organizer” merupakan jasa yang berfungsi untuk mengurus acara pernikahan di hari H pesta pernikahan itu berlangsung. 

“Bisa dibilang, WO (Wedding Organizer) ini tuh fungsinya cuma untuk ngurus pesta pernikahan kamu saja. WO tinggal terima jadi, yang mereka urus cuma rundown pestanya saja,” kata Jilah. 

Menurut Jilah, WO akan sangat membantu calon pengantin untuk menyelenggarakan pestanya, tanpa harus ikut pusing apa saja yang harus disiapkan di hari H. 

“Biasanya, WO ini tuh dipakai sama pengantin yang memang ingin pestanya berjalan lancar, tanpa harus memikirkan urusan apapun lagi soal rundown acara. Dari perencanaan aja mereka udah pusing karena harus urus ini-itu sendiri, gimana kalo ditambah harus ikut pusing di hari H juga hahaha,” kata Jilah sambil terkekeh. 

Meski demikian, tak semua WO hanya berperan di pesta pernikahan saja. Ada pula WO yang juga berperan sebagai WP. biasanya disebut sebagai “Wedding Planner-Organizer”.

“Seperti di sini (Ohana Enterprise), kami vendor yang memang menyediakan keduanya. Enggak cuma jadi planner, tapi kami juga menyediakan jasa untuk WO juga, jadi pengantin enggak usah pusing lagi,” pungkasnya. 

Baca juga: Tren Intimate Wedding Sudah Bergeser di 2024, Kenapa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com