Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Makeup dari Medsos yang Ngetren di 2024, Ada Douyin

Kompas.com - 03/02/2024, 21:00 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren makeup douyin diprediksi bakal booming di tahun 2024. Tren yang satu ini tak lepas dari popularitas para influencer di media sosial.

Beberapa tahun ke belakang, makeup douyin memang sempat mencuri perhatian pengguna media sosial seperti TikTok. Beberapa di antaranya ada yang sempat viral dan sudah dilihat ratusan ribu kali pengguna.

Menurut Makeup Artist kenamaan, Bubah Alfian, makeup douyin merujuk pada riasan khas perempuan Asia.

Riasan ini mengutamakan tampilan wajah yang bersih, bercahaya (glowing), dengan riasan mata tampak dolly (besar) dan riasan bibir yang plumpy (merona).

"Mirip seperti filter-filter di media sosial gitulah. Saya juga pernah coba dan ternyata ada beberapa kalangan yang memang suka dan cocok dengan riasan douyin," papar Bubah Alfian saat ditemui Kompas.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Makeup Douyin ala China Diprediksi Bakal Jadi Tren 2024

Tren makeup berkat media sosial

Lanjut Bubah, popularitas makeup douyin semakin menyebar lantaran sudah banyak influencer yang mencoba tren ini dan banyak dicoba para pengikutnya.

"Lihat saja di media sosial (TikTok), pengaruh influencer begitu kuat ya. Cuma memang saat dibuat makeup douyin cukup menantang," jelas Bubah.

Selain itu, ada beberapa jenis makeup lain yang juga mulai nge-tren berkat pengaruh media sosial dan beauty influencer.

Misalnya saja strawberry makeup look. Tren ini awalnya dipopulerkan oleh Hailey Bieber dengan tampilan riasan wajah serba pink stroberi.

Tidak sedikit orang yang meniru makeup look yang satu ini karena juga masih cocok dengan tipe atau tone kulit orang Indonesia.

Kemudian ada pula tren makeup satu warna yang belakangan mulai naik daun berkat media sosial.

Meski Bubah tidak memahami nama atau sebutan jenis makeup ini apa, tetapi look-nya mengarah pada tampilan tone senada mulai dari riasan mata, pipi, wajah hingga bibir.

"Ada tren juga seperti tampilan makeupnya tone peach, dari mata ke bibir semua pink, itu juga diprediksi nge-tren di tahun ini," pungkas Bubah.

Baca juga: Gaya Makeup Natural Masih Diminati di Tahun 2024

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com