Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2024, 13:17 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Makeup atau riasan wajah menjadi hal yang penting bagi sebagian besar perempuan.

Tak heran, makeup hampir selalu digunakan di berbagai situasi termasuk saat berolahraga. 

Hal ini salah satunya dibuktikan dari hasil survei ZAP Beauty Index and MEN/O/LOGY Index 2024, yang menunjukkan bahwa 89,4 persen dari 9.000 perempuan Indonesia yang menjadi responden, melakukan dress up dan makeup saat berolahraga. 

“Enggak cuma dress up, ada banyak juga responden yang pakai makeup saat olahraga,” ujar COO Markplus.Inc, Yossanova saat press conference peluncuran laporan survei ZAP Beauty Index dan MEN/O/LOGY Index 2024 di Jakarta, Selasa (30/1/2024). 

Baca juga:

Namun, dari sisi medis, apakah menggunakan makeup saat berolahraga boleh dilakukan?

Bolehkah olahraga pakai makeup?

Pakar dermatologi sekaligus Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV saat diwawancarai awak media seusai presscon peluncuran laporan survei ZAP Beauty and MEN/O/LOGY Index 2024, Selasa (30/1/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Pakar dermatologi sekaligus Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV saat diwawancarai awak media seusai presscon peluncuran laporan survei ZAP Beauty and MEN/O/LOGY Index 2024, Selasa (30/1/2024).

Menurut pakar dermatologi yang sekaligua Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV, menggunakan makeup saat berolahraga masih boleh dilakukan.

Namun, ada hal yang mesti diperhatikan dalam penggunaannya. 

“Sebenarnya kalau mau olahraga pakai makeup itu kan tujuannya biar kelihatan bagus gitu, ya. Cari makeup yang jangan terlalu berat. Pakai (makeup) jangan yang terlalu berat, jadi enggak menyumbat pori-pori,” kata Endi.

Baca juga:

Meski begitu, Endi menyarankan agar perempuan yang sering memakai makeup saat olahraga untuk mengurangi kebiasaan itu. 

Sebab, jika dilakukan terus-menerus kebiasaan ini kurang baik untuk kesehatan kulit, apalagi jika menggunakan makeup berat yang menyumbat pori-pori.

Padahal, ketika olahraga, produksi keringat akan lebih banyak dan keluar dari pori-pori, termasuk di area wajah.

“Lebih baik jangan (dilakukan) sering-sering. Kalau sekarang kan sudah banyak perempuan yang PD (percaya diri) untuk tampil tanpa makeup, nah sebaiknya memang begitu. Jadi yang penting kulitnya sehat dulu,” lanjut Endi. 

Dalam kesempatan yang sama, Endi juga mengingatkan agar semua orang untuk menggunakan sunscreen ketika beraktivitas, meskipun di dalam ruangan. 

“Yang penting sunscreen tetap dipakai, karena walaupun di dalam ruangan, sinar UV (ultraviolet) tetap masuk,” pungkas Endi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com