Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2024, 19:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya makeup natural diprediksi masih akan terus bermunculan di tahun 2024 ini.

Apalagi, gaya makeup natural dapat membuat wajah terlihat cantik dan bercahaya secara alami tanpa membutuhkan banyak kosmetik.

Hal ini juga didukung dengan hadirnya beragam produk makeup yang lebih disesuaikan dengan jenis skin tone atau warna kulit.

Co-founder dan CEO ESQA Cosmetics, Cindy Angelina mengatakan, bahwa tren dan standar kecantikan saat ini sudah mulai berubah, tidak melulu soal kulit yang putih.

"Semua warna kulit punya kecantikan masing-masing. Jadi pemilihan makeup pun perlu disesuaikan agar terlihat lebih natural," ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Ia mengungkapkan, produk kosmetik hybrid yang sudah mengandung skincare di dalamnya (skincare infused) juga dapat mendukung gaya makeup natural.

"ESQA kebetulan sudah hybrid dan mengandung beberapa bahan skincare, seperti hyaluronic acid, vitamin C hingga peptide," terangnya.

"Khusus untuk produk complexion juga ada kandungan SPF PA+++, jadi kalau mau touch up tidak perlu pakai sunscreen lagi," jelas dia.

Baca juga: Produk Skincare Natural, Benarkah Lebih Baik?

Ilustrasi warna lipstik natural.Shutterstock/MJTH Ilustrasi warna lipstik natural.

Dikutip dari laman Real Simple, Jumat (2/2/2024), dalam beberapa tahun terakhir gaya makeup glamor cenderung mengalami kemunduran.

Sementara, media sosial (medsos) lebih banyak dihiasi dengan gaya makeup natural, seperti "dewy dumpling" hingga "glazed donut", yang mengacu pada kulit yang lembap, segar, dan glowing.

"Tampilan kulit bercahaya alami akan tetap kuat hingga tahun 2024," demikian penuturan seorang penata rias selebriti, Sarah Egan.

"Tahun ini saya juga melihat adanya pergeseran produk alas bedak, dari foundation yang lebih berat ke skin tint yang lebih ringan," jelasnya.

Tren makeup natural tahun 2024 juga semakin diperkuat dengan riasan bibir "naked lips".

"Ini merupakan pelengkap sempurna untuk kulit yang segar dan bercahaya," ungkap penata rias, Jordan Plath.

Menurutnya, kunci mendapatkan naked lips adalah dengan perawatan bibir melalui scrub dan balm yang lembut, serta menggunakan lipgloss atau lip tint yang membuat warna bibir lebih alami dan bersinar.

Baca juga: Manfaat Beralih ke Makeup Berbasis Vegan untuk Kulit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com