Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Beralih ke Makeup Berbasis Vegan untuk Kulit

Kompas.com - 02/02/2024, 16:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kehadiran makeup berbasis vegan yang menggunakan bahan-bahan natural atau organik bisa menjadi pilihan untuk melindungi kulit serta lingkungan.

Menurut Co-founder dan CEO ESQA Cosmetics, Cindy Angelina, makeup vegan umumnya cruelty free dan no animal testing, atau sama sekali tidak melibatkan hewan dalam proses produksinya.

Adapun ESQA adalah label kosmetik lokal yang menerapkan konsep makeup vegan di Indonesia sejak berdiri pada tahun 2016 lalu.

Selain itu, merek ini juga sudah memproduksi makeup hybrid atau memiliki kandungan skincare di dalamnya (skincare infused), seperti hyaluronic acid, vitamin C hingga peptide.

"Semua produk terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Jadi kami tidak memakai bahan-bahan yang sumbernya dari hewan dan bahan-bahan kimia yang keras," kata Cindy kepada Kompas.com saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

"Kan ada beberapa produk yang bahannya masih bersumber dari hewan seperti beeswax (lilin lebah). Nah, kami tidak pakai sama sekali," terangnya.

Ia juga menuturkan bahwa makeup vegan terbilang aman bagi semua jenis kulit, terutama kulit yang sensitif. Bahkan, ibu hamil pun tetap bisa menggunakan makeup dengan bahan-bahan natural ini.

Baca juga: Vegan dan Clean Beauty, Tak Cuma Ramah di Kulit tapi Juga Lingkungan

Manfaat makeup vegan untuk kulit

Karena tidak menggunakan bahan-bahan yang keras dan berbahaya, makeup vegan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Dikutip dari laman Healthline, Jumat (2/2/2024), berikut alasan kenapa perlu beralih ke makeup vegan demi kulit yang lebih sehat.

• Mengurangi risiko iritasi pada kulit

Bahan pengawet, pewarna, dan wewangian (fragrance) dalam makeup dapat menyebabkan dermatitis kontak. Ini melibatkan ruam merah yang gatal karena sensitivitas kulit atau reaksi alergi.

Faktanya, sebuah studi pada tahun 2018 menyebutkan bahwa makeup adalah penyebab paling umum dari dermatitis kontak yang berhubungan dengan wewangian.

Dibandingkan dengan produk yang dapat dibilas seperti sampo dan pembersih, produk makeup seperti lipstik dan eyeshadow lebih mungkin menyebabkan masalah kulit karena dipakai dalam waktu lama.

Esqa Cosmetics membuka toko pertamanya yang berlokasi di Mal Pondok Indah (PIM) 2, Jakarta Selatan, pada Rabu (25/10/2023).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Esqa Cosmetics membuka toko pertamanya yang berlokasi di Mal Pondok Indah (PIM) 2, Jakarta Selatan, pada Rabu (25/10/2023).

Oleh sebab itu, menggunakan makeup vegan atau tanpa bahan pengawet, pewarna, dan wewangian dapat mengurangi risiko iritasi kulit.

• Lebih aman untuk kulit sensitif

Produk makeup vegan umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh orang-orang dengan kulit sensitif.

Sebaliknya, makeup biasa- yang bukan vegan, seringkali memicu sensivitas kulit dan meningkatkan iritasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com