Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2024, 12:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren makeup untuk pengantin selalu berubah seiring berkembangnya zaman.

Tak selalu tampil dengan riasan tebal, kini banyak calon pengantin yang akhirnya meminta makeup artist (MUA)-nya untuk meriasnya dengan gaya makeup modern yang natural dan flawless

Hal ini ada pengaruhnya juga dari makeup yang digunakan para artis atau selebritas Indonesia saat pernikahannya. 

Hal tersebut diungkap oleh makeup artist (MUA) dari brand makeup Make Over, Indri, Kamis (1/2/2024). 

“Sekarang banyak klien pengantin yang lebih minta makeup-nya nggak ‘medhok’, mereka sering minta yang natural, bahkan seperti no-makeup makeup look,” kata Indri saat diwawancarai di booth Make Over Bridestory Market 2024. 

Baca juga: Gaya Makeup Natural Masih Diminati di Tahun 2024

Baca juga: Tren Makeup dari Medsos yang Ngetren di 2024, Ada Douyin

Indri mengatakan, ada tiga tren makeup yang sering di-request para pengantin pada tahun 2024 ini. Apa saja?

1. Makeup tradisional tanpa paes

Makeup pernikahan Bunga Citra Lestari (BCL), yang mengenakan gaya makeup tradisional adat Jawa tetapi tidak menggunakan paes di bagian dahi.Instagram.com/itsmebcl Makeup pernikahan Bunga Citra Lestari (BCL), yang mengenakan gaya makeup tradisional adat Jawa tetapi tidak menggunakan paes di bagian dahi.

Indri mengatakan, makeup untuk pernikahan tradisional, khususnya adat Jawa, sekarang sudah banyak bergeser. Ketika mempelai perempuan seharusnya mengenakan “Paes” di bagian dahi, kini banyak orang yang meminta untuk tak menggunakan bagian tersebut. 

“Banyak yang request, enggak usah pakai (Paes) karena waktu itu makeup wedding-nya BCL (Bunga Citra Lestari) sempat viral, jadi orang-orang referensinya ke sana,” kata Indri. 

Menurutnya, sekarang banyak orang yang akhirnya berani mengenakan makeup tradisional adat jawa tanpa paes, karena sudah ada referensi dari artis yang pernah mengenakan gaya makeup ini. 

“Dulu mah enggak ada referensinya kan, sekarang karena ada artis yang pernah make, jadi akhirnya sama orangtua (pengantinnya) juga dibolehin (untuk pakai makeup adat Jawa tanpa paes),” lanjut Indri. 

2. Thailand Look

Makeup wedding Valencia Tanoesoedibjo yang menggunakan gaya makeup Thailand lookInstagram.com/valenciatanoe Makeup wedding Valencia Tanoesoedibjo yang menggunakan gaya makeup Thailand look

Tren makeup yang kedua adalah Thailand Look atau biasa disebut Thai Look. 

“Banyak yang minta Thai Look, itu makeup-nya lebih ke arah smokey eye, lebih banyak pakai warna orange dan coral juga. Terus yang paling ngebedain adalah di bagian alis,” jelas Indri. 

Diketahui makeup Thai look berfokus pada alis serat yang jadi ciri khas gaya makeup ini. Tampilan ini memuat di bagian ujung alis depan tampak sedikit naik, sehingga memberi kesan elegan pada keseluruhan wajah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com