Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Aroma Floral Fruity Gourmand, Seperti Apa Wanginya?

Kompas.com - 17/02/2024, 12:34 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Apa aroma parfum yang kamu sukai? Sebagian orang mungkin suka wangi citrus yang menyegarkan, ada juga yang memilih aroma woody atau kayu-kayuan yang hangat, atau aroma musky yang lembut.

Namun tahukah kamu, bahwa di antara aroma-aroma dasar itu ada juga aroma gabungan yang menghasilkan wangi khas dan banyak dipakai dalam pembuatan parfum? Salah satunya adalah aroma floral fruity gourmand.

Sesuai namanya, aroma fruity mengacu pada keharuman buah-buahan. Wanginya akan memberi kesan segar dan ceria sehingga disukai orang-orang muda.

Buah yang digunakan untuk dasar aroma fruity biasanya diambil dari buah apel, nanas, berbagai jenis beri, peach, hingga mangga. 

Sedangkan floral tentu saja mengacu pada aroma bunga. Ini adalah aroma yang umum dipakai dalam wewangian karena memberi kesan romantis dan feminin.

Aroma dasar floral umumnya diambil dari mawar, melati, lilac, ylang-ylang, lavender, gardenia, dan bunga-bunga lainnya.

Baca juga: 6 Aroma Parfum yang Memberi Kesan Klasik dan Dewasa

Tapi bagaimana dengan gourmand? “Gourmand” sendiri dalam bahasa Perancis secara harfiah berarti seseorang yang suka makan. Namun dalam dunia wewangian, itu berarti parfum yang menggunakan aroma seperti bahan-bahan yang dapat dimakan. 

Wewangian gourmand adalah parfum yang terutama terdiri dari aroma sintetis yang dapat dimakan, seperti madu, coklat, vanila, atau permen. Aroma gourmand umumnya sangat harum dan manis seperti wangi di toko roti atau makanan.

Aroma floral fruity gourmand

Nah, aroma floral fruity gourmand adalah campuran dari ketiga aroma dasar di atas, sehingga tidak sekedar manis, namun juga lebih kompleks. 

Jenis wewangian ini memiliki kerumitan dan kedalaman yang cocok bagi mereka yang ingin mewujudkan kepribadiannya yang manis, menggoda, sekaligus menarik untuk didekati. 

Aroma bunga dan buah-buahan memberikan kesegaran dan identitas wangi yang menyenangkan, sedangkan bahan-bahan yang memiliki aroma gourmand akan menambah kesan manis dan hangat, seperti aroma coklat, vanilla, karamel, yang menggugah selera. 

Fantasia Pop Surprise dari Anna Sui Fantasia Pop Surprise dari Anna Sui
Salah satu parfum beraroma floral fruity gourmand adalah Fantasia Pop Surprise dari Anna Sui yang dirilis tahun 2023. 

Wewangian ini dibuka dengan kesegaran buah Wild Raspberry dan jabuticaba yang juicy, dilanjutkan aroma bunga melati dan cyclamen, kemudian diakhiri aroma cotton candy yang manis, diperkuat ambroxan dan driftwood. 

Campuran ketiganya menghasilkan wangi yang muda, ceria, manis, sekaligus lezat.

“Saat membuat wewangian ini, saya terinspirasi oleh elemen warna ikonik tahun 70an dari Andy Warhol. Saya menciptakan wewangian yang dibuka dengan keceriaan yang menyenangkan. Seiring pemakaian, aromanya berevolusi menjadi campuran warna-warni buah beri dan wangi bunga yang dikelilingi aroma manis cotton candy,” kata pembuat parfum Jerome Epinette.

Untuk menambah kesan playful, botol parfum ini dibuat menggunakan kaca berwarna-warni, yang dihias patung Unicorn sebagai simbol keindahan, kemurnian, dan keanggunan.

Biasanya wewangian manis dengan aroma floral fruity gourmand disukai orang-orang yang lebih muda, dan cocok digunkan di suasana santai yang ceria.

Baca juga: Mengenal Aroma Oud yang Sedang Tren di Dunia Parfum

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com