Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudah Memulai Olahraga untuk Kaum Rebahan dari Asri Welas

Kompas.com - 21/02/2024, 14:54 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang punya kesibukan seperti bekerja, kuliah, atau bahkan sebagai ibu rumah tangga, biasanya merasa sudah tak punya waktu lagi untuk berolahraga. 

Mereka kebanyakan lebih memilih untuk tidur atau sekadar bersantai dengan merebahkan diri di kasur atau sofa karena sudah terlalu lelah untuk melakukan kegiatan lain. 

Padahal, terlalu banyak rebahan juga berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk mengurangi kebiasaan tersebut, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk berolahraga. 

Kamu yang selama ini jarang atau bahkan tidak pernah olahraga dalam waktu lama mungkin bingung harus memulai dari mana. Tapi jangan khawatir, aktris sekaligus instruktur zumba Asri Welas berbagi tips yang bisa kamu lakukan untuk mulai berolahraga.

Baca juga: 9 Tips Olahraga Ringan di Rumah yang Mudah dan Murah

Baca juga: Untuk Kaum Rebahan, Berikut 8 Tanda Kamu Tak Cukup Banyak Bergerak

Tips mulai berolahraga dari Asri Welas

Aktris sekaligus instruktur zumba Asri Welas saat media coffee sessions Zumba Fitness bersama awak media di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Aktris sekaligus instruktur zumba Asri Welas saat media coffee sessions Zumba Fitness bersama awak media di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2024).

Mulai dari hal yang disukai

Ketika ingin mulai berolahraga, Asri Welas menyarankan untuk tidak langsung melakukan olahraga yang berat.

“Cari olahraga yang paling gampang menurut kamu. Jalan aja deh dulu, jalan sambil dengerin lagu juga udah bisa ngurangin kalori,” kata Asri kepada awak media ketika ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024). 

Baca juga: 6 Rekomendasi Sepatu Olahraga Lokal yang Wajib Dicoba

Menurut Asri, jika seseorang ingin berolahraga tetapi langsung melakukan olahraga berat, seperti marathon 5K atau 10K, justru nanti tidak akan konsisten karena terlalu lelah di awal. 

“Harus bertahap, jangan langsung dipaksa (melakukan yang berat-berat). Orang biasanya kalau udah terlalu capek di awal, besoknya justru enggak kuat lagi, dan memilih berhenti,” tambahnya. 

Jangan banyak alasan

Tak hanya itu, Asri juga mengimbau untuk tidak banyak alasan ketika ingin mulai olahraga.

“Sekarang olahraga bisa dilakuin di mana saja dan kapan saja, tinggal niat dari kitanya mau apa enggak. Biasa orang bilang, ‘aduh enggak punya duit’ padahal olahraga kan enggak harus ngeluarin uang,” ucapnya. 

Ia pun menjelaskan, banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya dengan mengikuti video-video di YouTube atau mengunduh aplikasi untuk olahraga. 

“Di internet kan sekarang banyak orang kasih tutorial zumba, atau senam cardio lainnya, bisa diikutin aja dari situ, kan enggak harus keluarin duit?” tambah Asri. 

Baca juga: Baru Mulai Olahraga? Ini 5 Tips agar Kebiasaan Sehat Tetap Konsisten

Dalam kesempatan yang sama, Asri juga mengingatkan para kaum rebahan untuk segera mulai bergerak atau berolahraga.

Sebab, semakin sering kamu rebahan, maka risiko terserang penyakit akan semakin besar.

“Sebetulnya kalau kebanyakan rebahan itu banyak penyakit mengintai, tapi tergantung dari apa yang kita konsumsi, sih. Cuma yang paling besar risikonya adalah (penyakit) tulang. Bisa-bisa kena osteoporosis, hati-hati, loh,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com