Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Anjuran Pemakaian Cat Silver yang Aman, Tak Boleh Dipakai Seharian

Kompas.com - 24/02/2024, 16:16 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemain film Agak Laen, yakni indra Jegel, Bene Dion, Boris Bokir, dan Oki Rengga akan segera menepati janjinya untuk menjadi manusia silver jika penontonnya sudah mencapai tujuh juta.

Diketahui, per Jumat (23/2/2024), jumlah penonton film Agak Laen sudah mencapai lebih dari 6,7 juta orang. 

Merespons hal ini pun, Ernest Prakasa selaku produser eksekutif film Agak Laen akhirnya mencari jasa pengecatan badan untuk keempat pemain film itu menjadi manusia silver. 

 “Oke, ini gw nanya serius ya. Kami butuh jasa pengecatan silver, cat berikut prosesnya, untuk kuartet Agak Laen yang filmnya udah mau nembus 7 juta. Yang akan dicat adalah Bene Boris Oki Jegel,” kata Ernest dalam akun X-nya, Kamis (22/2/2024). 

Baca juga: Arie Kriting Menanti Kuartet Komedian Film Agak Laen Jadi Manusia Silver di Bundaran HI

Baca juga: Pemain Film Agak Laen Akan Dicat Silver, Ini Risiko Kesehatannya

Anjuran pemakaian cat silver yang aman

Ilustrasi cat silver di kulitDok. Shutterstock/photoagent Ilustrasi cat silver di kulit

Di sisi lain, dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, justru mengingatkan agar pemakaian cat silver ini sesuai anjuran keamanannya. 

Cat silver atau cat badan seperti manusia silver harus digunakan dengan tepat mengikuti anjuran durasi idealnya,” kata Fitria kepada Kompas.com saat diwawancarai pada Kamis (22/2/2024). 

Dalam hal ini ada tiga anjuran pemakaian dari Fitria. Di antaranya terkait durasi, reaksi kulit, dan kebutuhan acaranya. 

1. Durasi ideal

Menurut Fitria, idealnya cat tubuh tidak dikenakan lebih lama dari beberapa jam hingga satu hari penuh. 

“Maksimal satu hari penuh, tapi kalau bisa beberapa jam saja. Hal ini juga bergantung pada jenis cat yang dipakai dan sensitivitas kulit individu yang mengenakan cat tersebut,” ujar Fitria. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Jenis Cat Kulit yang Aman untuk Jadi Manusia Silver

2. Perhatikan reaksi kulit

Fitria menganjurkan, sebelum menggunakan cat ke seluruh badan, lakukan tes alergi terlebih dahulu. 

“Sebelum menggunakan cat tubuh atau makeup secara luas, lakukan uji patch pada area kulit kecil untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi,” tambahnya. 

Namun, jika sudah terlanjur diaplikasikan ke seluruh badan, tetapi menunjukkan tanda-tanda iritasi, sebaiknya langsung segera dibersihkan.

“Jika kulit menunjukkan tanda-tanda iritasi, seperti kemerahan, gatal, atau ketidaknyamanan, cat sebaiknya segera dibersihkan untuk menghindari reaksi yang lebih serius,” lanjut Fitria. 

3. Kebutuhan acara

Terakhir, memperhatikan kebutuhan acara. Menurut Fitria, durasi pemakaian juga dapat bergantung pada kebutuhan acara atau pertunjukan. 

Namun, ia menganjurkan untuk lebih memprioritaskan keamanan dan kesehatan kulit. 

“Mengikuti langkah-langkah ini akan membantu memastikan bahwa cat tubuh, termasuk cat silver, dapat dibersihkan secara efektif tanpa menyebabkan kerusakan atau iritasi pada kulit,” pungkasnya. 

Ia pun mengingatkan untuk selalu memprioritaskan penggunaan produk yang aman dan telah diuji dermatologis untuk menghindari masalah kulit. 

Baca juga: Film Agak Laen Menuju 7 Juta Penonton, Ini 7 Merek Cat Silver Aman di Kulit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com