Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, 7 Kejahatan Ini Masih Mengintai Pengguna Aplikasi Kencan Online

Kompas.com - 01/03/2024, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sejalan dengan perkembangan teknologi, mencari pasangan dapat dilakukan melalui aplikasi kencan online. Sayangnya, masih dijumpai bentuk perilaku kejahatan melalui aplikasi kencan online yang menyasar pengguna.

Dalam survei terbaru dari Populix yang bertajuk Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps, terungkap bahwa 409 responden pengguna aplikasi kencan online, mengaku mengalami kejadian tidak menyenangkan melalui platform tersebut. 

Baca juga:

Eileen Kamtawijoyo, COO & Co-Founder Populix, menuturkan, jumlah responden yang mengalami kejadian tidak menyenangkan tersebut setara dengan dengan 56 persen, dari total 732 responden pengguna aplikasi kencan online yang disurvei.  

“Survei mengungkap 56 persen responden menyatakan pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan di aplikasi kencan online,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, dikutip Jumat (1/3/2024). 

Survei Populix juga mengungkapkan bahwa kejadian kurang menyenangkan tersebut, mendorong pengguna aplikasi kencan online lebih berhati-hati dalam berinteraksi di platform.

Mayoritas responden mengatakan, akan mengecek profil secara menyeluruh sebelum memulai percakapan yang lebih serius. Selain itu, mayoritas pengguna aplikasi kencan online juga tidak membagikan informasi pribadi kepada orang yang baru dikenal maupun mencantumkannya pada laman profil. 

Sebelum memutuskan untuk bertemu secara langsung, mayoritas pengguna aplikasi kencan online juga akan membangun komunikasi dan mengecek profil media sosial terlebih dahulu.

“Hal ini menunjukkan keinginan untuk membangun keakraban dan kepercayaan dengan orang yang baru mereka temui di aplikasi, sebelum melangkah lebih jauh,” imbuh Eileen. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com