Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2024, 14:09 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Banyaknya motif batik yang beragam dan tidak sama disetiap daerah membuktikan bahwa Indonesia sangatlah kaya akan seni ini.

Sering kali orang beranggapan bahwa batik merupakan baju yang dikhususkan untuk acara formal atau acara serius lainnya sehingga kita sulit untuk memadukannya dengan outfit lain dan terlihat jadul.

Lalu, bagaimana cara mengenakan batik agar tidak terkesan kuno?

Pada acara Plaza Indonesia Fashion Week 2024, Senin (4/3/2024), Meity Sutandi, Marketing Director Parang Kencana, membagikan tips agar kita bisa tampil trendi dan kekinian dengan memakai batik.

1. Jangan mengenakan batik head to toe

Tips pertama yang harus kita ingat adalah jangan memakai batik dari ujung kepala hingga ujung kaki, karena akan memberikan kesan terlalu ramai pada baju yang dikenakan. Selain itu, disarankan untuk memilih motif batik yang lebih kecil.

“Jangan head to toe semua batik, kecuali ada acara yang mengharuskan memakai batik dress, dan bisa dipilih pakai motif yang lebih kecil,” ucap Meity.

Baca juga: Cara Pakai Kain Batik Jadi Model Celana ala Didiet Maulana

2. Pilih motif batik yang simple

Meity juga menambahkan, jika tidak pede memakai motif batik yang terlalu besar dan bold, bisa memakai motif batik yang simple agar tampilan semakin elegan.

"Pilihlah motif batik dengan desain dari kecil lalu besar ke bawah atau baju yang bagian atasnya polos dengan motif batik di bawahnya. Ini akan membantu penampilan terlihat lebih clean dan elegan," ujar Meity.

3. Memadukan dengan pakaian polos

Cara selanjutnya adalah dengan memadukan batik dengan pakaian atau baju yang polos agar batik cocok digunakan sehari-hari.

“Kalau atasannya sudah batik, maka bawahannya pakai yang polos, atau sebaliknya,” lanjutnya.

Kita bisa memilih pasangan batik dengan warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, coklat, atau putih. Lalu, dipadukan dengan flatshoes untuk penampilan yang lebih kasual.

Baca juga: Jeng Yah Jadi Inspirasi pada Koleksi Batik Keris x Wilsen Willim

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com