Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2024, 16:34 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak sekali produk kosmetik yang dapat kita temui di pasaran, baik itu untuk perawatan kulit (skincare) maupun riasan wajah (makeup).

Dengan maraknya kehadiran produk-produk skincare ini, maka kita juga perlu berhati-hati dalam memilih mana yang memiliki kualitas baik dan tentunya aman bagi kulit.

Lantas, bagaimana cara mengetahui produk kosmetik aman atau tidak? Lebih lanjut, simak penjelasannya sebagai berikut.

Tips memilih produk kosmetik yang aman

1. Memeriksa kemasan produk

Salah satu cara mengetahui bahwa produk kosmetik yang kita beli aman adalah dengan memeriksa kondisi produk yang masih baik.

Petugas pelayanan kosmetik di Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Sari Indira Setyowati, menganjurkan untuk menghindari produk dengan kemasan yang sudah rusak.

"Untuk tips memilih kosmetik yang aman, dari segi legalisasi BPOM ada yang namanya CEK KLIK. Jadi yang pertama lihat dari kemasannya, bahwa kemasan tidak rusak lalu ada penandaan yang menunjukkan informasi produk," katanya kepada Kompas.com usai acara konsultasi publik BPOM di Cibubur, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: Studi: Banyak Produk Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Beracun

2. Produk memiliki izin edar

Setelah memeriksa kemasan produk, pastikan untuk mengetahui apakah produk kosmetik memiliki izin edar atau tidak, dengan meng-klik melalui website resmi BPOM atau aplikasi di ponsel.

"Izin edar produk bisa dilihat dari nomor notifikasi, nomor ini bisa dicek di website BPOM atau dengan menggunakan aplikasi," terangnya.

3. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Sangat penting untuk memerhatikan tanggal kedaluwarsa produk kosmetik sebelum membelinya.

Sari mengungkapkan, banyak orang kerap kali luput dalam hal ini. Atau mereka tanpa disadari membeli produk kosmetik murah dengan tanggal yang sudah mendekati kedaluwarsa.

Ia pun menambahkan bahwa biasanya pelaku usaha memiliki mekanisme tersendiri dalam memperlakukan produk-produk kosmetik, termasuk menarik yang sudah kedaluwarsa.

Baca juga: Apa Akibat Menggunakan Produk Kecantikan Kedaluwarsa? 

4. Perhatikan bahan-bahan yang tertera pada label

Terakhir, Sari menganjurkan konsumen untuk memerhatikan bahan-bahan yang terdapat di dalam label produk kosmetik.

Menurutnya, ada banyak sekali bahan yang umumnya digunakan dalam sebuah produk kosmetik. Kendati demikian, ada bahan yang dilarang dan dibatasi oleh BPOM.

Bahan-bahan tersebut antara lain pewarna, bahan pengawet, dan bahan tabir surya.

"Misalnya bahan pengawet, itu kami punya positive list. Kemudian bahan pewarna juga gitu, kalau pakai bahan pewarna yang tidak ada di list itu enggak bisa dipakai, sama halnya dengan bahan tabir surya," jelas Sari.

Baca juga: Bahayanya Bahan Kimia dalam Produk Kosmetik bagi Tubuh

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com