Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Terlihat, tapi Mengganggu: Ketombe pada Perempuan Berhijab

Kompas.com - 06/03/2024, 17:41 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketombe, kata itu sendiri sudah cukup membuat orang bergidik. Tapi tahukah kamu bahwa ketombe bisa menjadi masalah nyata, terutama bagi perempuan yang memilih untuk berhijab?

Ya, kamu tidak salah dengar. Kulit kepala yang disembunyikan di bawah hijab pun rentan terkena masalah ini, dan penyebabnya bisa lebih kompleks dari sekadar kurangnya perawatan.

Masalah ketombe pada perempuan berhijab

Menurut Dermatologist Farhan Zubedi, ditemukan bahwa ketombe pada perempuan berhijab sering kali disebabkan oleh Transpidermal Water Loss atau kehilangan air melalui lapisan kulit.

Ketika seorang perempuan berhijab atau menutup kepalanya dengan kain, bahkan dalam cuaca sejuk sekalipun, panas tubuh dan aktivitas fisik akan menyebabkan penguapan air dari kulit kepala.

Baca juga: Bahan-bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe

"Ketombe pada perempuan berhijab seringkali disebabkan oleh transpidermal water loss, di mana air menguap dari kulit kepala. Semakin banyak kehilangan air ini, semakin rentanlah penghalang kulit kepala, yang akhirnya dapat memicu ketombe," ungkap Dokter Farhan saat media gathering CLEAR Dandruff Expret: Hair Enthusiast x Expert Connect di Jakarta Selatan, Selasa (05/03/2024).

Dermatologist Farhan Zubedi di media gathering CLEAR Dandruff Expret: Hair Enthusiast x Expert Connect di Jakarta Selatan, Selasa (05/03/2024).KOMPAS.com/NAZLA UFAIRA SABRI Dermatologist Farhan Zubedi di media gathering CLEAR Dandruff Expret: Hair Enthusiast x Expert Connect di Jakarta Selatan, Selasa (05/03/2024).

Sebuah informasi yang memang perlu diperhatikan, terutama bagi mereka yang merasa bahwa memakai hijab bisa memberikan perlindungan penuh terhadap kulit kepala. Namun, kenyataannya tidak selalu demikian.

Untuk menangani masalah ini, dokter Farhan merekomendasikan penggunaan sampo yang mengandung niacinamide. Ini bukan hanya sekadar solusi sementara, melainkan langkah preventif yang efektif dalam menjaga kesehatan kulit kepala.

“Menggunakan sampo dengan bahan yang berasal dari niacinamide dapat membantu rambut nggak mudah berketombe,” sarannya.

Baca juga: Mengatasi Ketombe dengan Cuka Apel, Benarkah Efektif?

Tentu saja, selain penggunaan sampo yang tepat, perawatan rutin dan pola makan yang sehat juga berperan penting dalam mencegah masalah ketombe ini.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com