Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Apa Benar?

Kompas.com - 06/03/2024, 20:15 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian orang pernah mencoba mengatasi masalah rambut menggunakan bahan alami, termasuk yang memiliki masalah ketombe

Misalnya, menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Jika mencarinya di mesin pencari seperti Google, kamu mungkin pernah menemukan beberapa artikel dan kata kunci pencarian terkait. Tapi, apakah cara ini efektif dan boleh dilakukan?

Baca juga:

Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, apa bisa?

Terkait cara tersebut, Dermatologist Farhan Zubedi mengatakan, menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis sebetulnya belum terbukti dengan penelitian. Untuk itu, cara itu tidak disarankannya.

"Aku nggak menyarankan menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe karena belum terbukti secara penelitian dapat menghilangkan apa nggak,” tegas dr. Farhan saat media gathering CLEAR Dandruff Expret: Hair Enthusiast x Expert Connect di Jakarta Selatan, Selasa (05/03/2024).

Ketika memilih sampo ketombe, Farhan menyarankan mencari beberapa kandungan yang sudah teruji, seperti niacinamide atau Zinc pyrithione.

Baca juga: Beda Ketombe dan Kulit Kepala Kering Serta Perawatannya

Niacinamide, atau yang dikenal sebagai vitamin B3, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga keseimbangan minyak di kulit kepala.

Sementara Zinc pyrithione memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang efektif dalam mengontrol pertumbuhan jamur Malassezia, yang sering menjadi penyebab utama ketombe.

"Lebih baik menggunakan bahan-bahan yang memang sudah teruji dengan nyata oleh penelitian seperti niacinamide dan Zinc pyrithione yang merupakan bahan efektif dalam mengatasi masalah ketombe tanpa efek samping yang merugikan,” ucapnya.

Dengan memilih produk yang mengandung bahan-bahan ini, kamu dapat merawat kulit kepala dengan cara yang aman dan efektif.

Baca juga: 6 Kebiasaan Penyebab Ketombe Sulit Hilang

Selain itu, konsultasikanlah dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai jika memiliki kondisi kulit kepala khusus.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com