Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2024, 20:00 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operasi rhinoplasty, yang juga dikenal sebagai operasi plastik hidung, saat ini menjadi solusi yang populer bagi banyak orang yang ingin memperbaiki bentuk atau fungsi hidung mereka.

Dengan hasil hidung yang ramping, mancung, dan sesuai keinginan, sebagian besar orang yang menjalani operasi rhinoplasty berharap hasilnya akan bertahan seumur hidup. Tapi berapa lama ya hasil rhinoplasty akan bertahan?

Baca juga: Operasi Hidung Open Rhinoplasty dan Closed Rhinoplasty, Apa bedanya?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada dua macam rhinoplasty, yaitu open rhinoplasty dan closed rhinoplasty.

Teknik closed rhinoplasty dilakukan dengan sayatan yang dibuat khusus di bagian dalam hidung. Kerangka tulang rawan hidung “dibentuk” melalui sayatan kecil di dalam hidung dan dimanipulasi sesuai kebutuhan.

Sedangkan open rhinoplasty dilakukan melalui sayatan yang memanjang dari tepi dalam lubang hidung dan melintasi kolumela, atau permukaan bawah hidung bagian luar. Dengan menggunakan sayatan yang tersembunyi ini, seluruh kerangka hidung dapat divisualisasikan dan dibentuk sesuai kebutuhan.

Pada closed rhinoplasty, akses ke struktur hidung hanya sedikit karena sayatan yang dibuka kecil, sehingga cocok untuk kasus-kasus sederhana, seperti hidung yang sedikit bengkok.

Sebaliknya, open rhinoplasty melibatkan sayatan lebih panjang yang memungkinkan akses lebih besar ke struktur hidung, ideal untuk kasus yang lebih kompleks atau pembentukan kembali hidung. Namun, cara ini dapat meninggalkan bekas luka kecil yang terlihat, meski dalam banyak kasus hampir tidak terlihat.

Dr. Kosit Eiowchai (Dr.Benz), Specialist Otolaryngologist asal Thailand yang merupakan dokter bedah yang pertama kalinya melakukan teknik open rhinoplasty di Thailand menjelaskan berapa lama open rhinoplasty akan bertahan pada Jumat (15/4/2024), Jakarta Selatan.

“Untuk operasi ini bisa bertahan lebih dari satu dekade,” ucapnya.

Untuk kasus yang ditangani olehnya, dr.Kosit menjelaskan bahwa hasil operasinya bisa bertahan 10 tahun atau lebih. Namun hal tersebut tidak bisa dipastikan karena setiap orang berbeda-beda dan tergantung kebiasaan gaya hidupnya.

“Untuk operasi yang saya tangani ekspektasi saya bisa untuk waktu yang lama. Namun hal itu belum pasti juga akan bertahan lebih dari sepuluh tahun, karena setelah satu dekade saya tetap harus melihat kondisinya seperti apa, jadi tetap dikonsultasikan,” lanjutnya.

Walaupun hasil dari rhinoplasty ini permanent bisa untuk waktu yang lama, bertahun – tahun, bahkan seumur hidup. Tetap harus menjalani penanganan yang tepat dengan perawatan yang dikonsultasikan oleh dokter spesialist, agar hasilnya bisa memuaskan.

Penting juga untuk meningat bahwa hasil dan ketahanan akan berbeda dari setiap individu tergantung dengan kebiasaannya.

Baca juga: Rhinoplasty, Operasi Plastik di Hidung yang Tak Hanya demi Kecantikan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com