Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Gen Z Kurang Bahagia Dibandingkan Baby Boomers? 

Kompas.com - 25/03/2024, 23:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Laporan bertajuk World Happiness Report 2024 mengungkapkan ranking negara paling bahagia di dunia. Selain itu, laporan tersebut juga membandingkan tingkat kebahagian berdasarkan kategori usia pada masing-masing negara. 

Dari total 143 negara yang disurvei, Finlandia menduduki peringkat negara paling bahagia di dunia, untuk ketujuh kali secara berturut-turut sejak 2017. 

Baca juga:

World Happiness Report 2024 juga menyoroti tingkat kebahagiaan penduduk muda yang berusia di bawah 30 tahun. Termasuk di dalamnya milenial, yang lahir antara 1981 hingga 1996 dan Gen Z yang lahir antara 1997 hingga 2012. 

Menariknya, penduduk muda di sejumlah negara kurang bahagia dibandingkan dengan penduduk tua di atas 60 tahun, atau generasi baby boomers yang lahir pada 1946 – 1964. 

Setelah memperhitungkan usia dan kualitas kehidupan, mereka yang lahir sebelum 1965 (generasi baby boomer dan pendahulunya), memiliki penilaian kualitas hidup sekitar seperempat poin lebih tinggi dibandingkan mereka yang lahir setelah 1980 (generasi milenial dan generasi Z),” bunyi laporan World Happiness Report 2024, dikutip Kompas.com Senin (25/3/2024). 

Untuk diketahui, skor kebahagiaan negara didasarkan pada penilaian kualitas kehidupan oleh penduduk masing-masing negara menggunakan skala The Cantril Ladder, selama 2021-2023. The Cantril Ladder merupakan metode pengukuran kualitas kehidupan dan tingkat kebahagian yang terdiri dari skala 1-10. 

Selain itu, ada enam variabel yang digunakan untuk menjelaskan lebih penilaian kualitas hidup dan kebahagiaan setiap negara tersebut, seperti PDB per kapita hingga kebebasan dari korupsi. 

Baca juga:

World Happiness Report 2024 mengungkapkan, ada sejumlah negara yang punya kesenjangan tingkat kebahagiaan antara penduduk usia muda dan tua. Itu berarti, penduduk usia muda di negara tersebut memiliki tingkat kebahagiaan yang berbeda dengan penduduk usia tuanya. 

Contohnya, AS dan Kanada. Kanada misalnya, menduduki peringkat negara paling bahagia ke-8 untuk penduduk usia 60 tahun ke atas. Namun, Kanada berada di peringkat ke-58 negara paling bahagia untuk penduduk di bawah 30 tahun. 

Sementara, AS menduduki peringkat negara paling bahagia ke-11 untuk penduduk usia 60 tahun ke atas. Namun, AS berada di peringkat ke-62 negara paling bahagia untuk penduduk di bawah 30 tahun.

Generasi boomers dan generasi sebelumnya lebih bahagia dibandingkan generasi Z, tentu saja, kesenjangan tersebut berbeda-beda di setiap negara,” bunyi laporan World Happiness Report 2024. 

Secara keseluruhan, kelompok milenial, memiliki penilaian kualitas hidup sekitar seperempat poin lebih rendah dibandingkan generasi baby boomesr, dengan Gen X berada di antara keduanya, tapi lebih dekat dengan generasi milenial,” imbuh laporan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com