Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen Z dan Milenial Paling Bahagia Tinggal di Negara Ini 

Kompas.com - 25/03/2024, 20:51 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Laporan bertajuk World Happiness Report 2024 telah dirilis. Dalam laporan tersebut, Finlandia dinobatkan kembali sebagai negara paling bahagia di dunia, untuk ketujuh kali secara berturut-turut sejak 2017. 

Negara nordik tersebut meraih skor tertinggi yakni 7,741, dari total 143 negara yang disurvei. Disusul oleh Denmark di posisi kedua dengan skor 7,583. 

Baca juga:

Menariknya, World Happiness Report 2024 melaporkan ada perbedaan peringkat negara paling bahagia jika dirinci berdasarkan usia. 

Peringkat negara paling bahagia untuk kelompok usia muda dan kelompok usia tua sangat berbeda,” bunyi laporan World Happiness Report 2024, dikutip Kompas.com, Senin (25/3/2024). 

Peringkat negara tersebut, didasarkan pada penilaian kualitas kehidupan oleh penduduk masing-masing negara menggunakan skala The Cantril Ladder, selama 2021-2023. Untuk diketahui, The Cantril Ladder merupakan metode pengukuran kualitas kehidupan dan tingkat kebahagian yang terdiri dari skala 1-10. 

Selain itu, ada enam variabel yang digunakan untuk mengevaluasi dan menjelaskan lebih lanjut jawaban tingkat kualitas hidup dan kebahagiaan setiap negara. 

Keenam variabel tersebut meliputi, PDB per kapita, harapan hidup sehat, memiliki seseorang yang dapat diandalkan, kebebasan menentukan pilihan hidup, kemurahan hati, dan kebebasan dari korupsi. 

Negara paling bahagia buat milenial dan Gen Z 

Ilustrasi Gen Z, negara paling bahagia untuk milenial dan gen zUnsplash Ilustrasi Gen Z, negara paling bahagia untuk milenial dan gen z

Laporan World Happiness Report 2024 juga merincikan tingkat negara paling bahagia berdasarkan usia, yakni di bawah 30 tahun dan di atas 60 tahun.

Lantas, apa negara yang paling bahagia menurut milenial dan Gen Z? Berdasarkan laporan World Happiness Report 2024, Lituania merupakan negara paling bahagia untuk penduduk berusia di bawah 30 tahun. 

Adapun penduduk di bawah usia 30 tahun termasuk di dalamnya milenial, yang lahir antara 1981 hingga 1996 dan Gen Z yang lahir antara 1997 hingga 2012. 

Lituania, yang baru-baru ini masuk ke dalam peringkat 20 teratas negara paling bahagia, berada di peringkat ke-1 bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun, dibandingkan dengan peringkat ke-44 bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun,” bunyi laporan World Happiness Report 2024. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com