Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 15:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak orang yang memilih hobi dan gaya hidup sebagai pelancong. Bagi mereka, melihat banyak tempat di dunia bisa mendatangkan kepuasan tersendiri. 

Lalu tak hanya itu. Ketika pelesiran sudah menjadi bagian dari lifestyle, maka wilayah yang dikunjungi pun bisa menjadi kian beragam, kadang berbeda dengan destinasi favorit kebanyakan orang.

Beberapa orang lebih menyukai sinar matahari yang panas di pesisir pantai, sementara adapula yang bisa mendapatkan kepuasan saat meresapi keheningan di puncak-puncak gunung.

Kemudian, ada pula yang mencari destinasi karena alasan sensasi, dan petualangan, yang lagi-lagi demi kepuasan batin, atau bahkan kesehatan mental.  

Baca juga: 10 Negara Paling Damai di Dunia, Islandia Duduk di Posisi Pertama

Namun, salah satu hal yang paling penting agar sebuah destinasi dapat dinikmati adalah memastikan apakan destinasi tersebut aman atau tidak?

Keamanan dapat didefinisikan dengan berbagai macam cara.

Para ahli di Berkshire Hathaway Travel Protection menganggap, sebuah destinasi aman jika sebagian besar wilayahnya bebas dari aktivitas teroris dan wabah penyakit.

Serta, di suatu tempat di mana semua orang dapat bepergian dengan bebas tanpa diskriminasi atau pelecehan.

Dengan menggunakan definisi tersebut, lembaga ini membuat daftar tempat teraman untuk bepergian.

Penelitian ini disusun dengan menggunakan Indeks Perdamaian Global, peringkat keamanan perjalanan Departemen Luar Negeri AS, dan skor keamanan dari GeoSure Global.

Berikut adalah peringkat 10 negara yang dinilai paling aman untuk dikunjungi di dunia:

10. Spanyol

Spanyol adalah tujuan liburan yang sangat populer, tidak hanya karena pantainya yang indah dan kota-kota yang kaya akan budaya yang menarik, tetapi juga karena gaya hidup Mediteranianya yang santai.

Spanyol memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah, meskipun masih perlu diwaspadai pencopet di kota-kota besar seperti Barcelona dan Madrid.

Selain itu, Spanyol adalah negara yang sangat ramah dan menerima orang asing, yang berarti negara ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Baca juga: Menengok Markas Baru Lego Campus di Denmark

9. Jerman

Jerman mungkin bukan pilihan yang jelas untuk petualangan di Eropa, tetapi Jerman adalah negara yang menawarkan sesuatu untuk semua orang.

Ada pemandangan yang menakjubkan, sejarah arsitektur yang kaya, kehidupan malam yang menarik, dan kota-kota yang modern.

Jerman terkenal dengan efisiensinya, sehingga kita dapat menemukan negara yang teratur dan bersih.

Negara ini juga memiliki tingkat kriminalitas yang relatif rendah dan jaringan transportasi yang sangat baik. 

8. Denmark

Dalam hal jumlah kejahatan yang dilakukan di negara ini, Denmark berada di peringkat kedua sebagai negara paling damai di dunia, dengan peringkat pertama ditempati oleh Islandia.

Denmark juga dianggap sebagai negara paling bahagia di dunia saat ini.

Seperti di tujuan wisata utama lainnya, wisatawan harus berhati-hati terhadap pencopet, tetapi selebihnya, negara ini adalah negara yang aman untuk dikunjungi.

7. Belanda

Belanda adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Eropa berkat kanal-kanalnya yang indah, landmark bersejarah, dan kehidupan malam yang semarak.

Tahun lalu, Belanda menempati posisi pertama dalam laporan yang sama. Alasan mengapa Belanda tidak lagi menduduki posisi teratas? Pencopetan,

Ini adalah masalah yang sangat nyata di Belanda, terutama di Amsterdam.

Baca juga: Simak, Berbagai Gaya Parenting yang Buat Anak Belanda Paling Bahagia

 

Wisatawan disarankan untuk menjaga barang berharga mereka dengan aman dan tidak bepergian dengan membawa terlalu banyak uang tunai saat berada di kota.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com