Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Negara Paling Aman untuk Dikunjungi di Dunia

Lalu tak hanya itu. Ketika pelesiran sudah menjadi bagian dari lifestyle, maka wilayah yang dikunjungi pun bisa menjadi kian beragam, kadang berbeda dengan destinasi favorit kebanyakan orang.

Beberapa orang lebih menyukai sinar matahari yang panas di pesisir pantai, sementara adapula yang bisa mendapatkan kepuasan saat meresapi keheningan di puncak-puncak gunung.

Kemudian, ada pula yang mencari destinasi karena alasan sensasi, dan petualangan, yang lagi-lagi demi kepuasan batin, atau bahkan kesehatan mental.  

Namun, salah satu hal yang paling penting agar sebuah destinasi dapat dinikmati adalah memastikan apakan destinasi tersebut aman atau tidak?

Keamanan dapat didefinisikan dengan berbagai macam cara.

Para ahli di Berkshire Hathaway Travel Protection menganggap, sebuah destinasi aman jika sebagian besar wilayahnya bebas dari aktivitas teroris dan wabah penyakit.

Serta, di suatu tempat di mana semua orang dapat bepergian dengan bebas tanpa diskriminasi atau pelecehan.

Dengan menggunakan definisi tersebut, lembaga ini membuat daftar tempat teraman untuk bepergian.

Penelitian ini disusun dengan menggunakan Indeks Perdamaian Global, peringkat keamanan perjalanan Departemen Luar Negeri AS, dan skor keamanan dari GeoSure Global.

Berikut adalah peringkat 10 negara yang dinilai paling aman untuk dikunjungi di dunia:

10. Spanyol

Spanyol adalah tujuan liburan yang sangat populer, tidak hanya karena pantainya yang indah dan kota-kota yang kaya akan budaya yang menarik, tetapi juga karena gaya hidup Mediteranianya yang santai.

Spanyol memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah, meskipun masih perlu diwaspadai pencopet di kota-kota besar seperti Barcelona dan Madrid.

Selain itu, Spanyol adalah negara yang sangat ramah dan menerima orang asing, yang berarti negara ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

9. Jerman

Jerman mungkin bukan pilihan yang jelas untuk petualangan di Eropa, tetapi Jerman adalah negara yang menawarkan sesuatu untuk semua orang.

Ada pemandangan yang menakjubkan, sejarah arsitektur yang kaya, kehidupan malam yang menarik, dan kota-kota yang modern.

Jerman terkenal dengan efisiensinya, sehingga kita dapat menemukan negara yang teratur dan bersih.

Negara ini juga memiliki tingkat kriminalitas yang relatif rendah dan jaringan transportasi yang sangat baik. 

8. Denmark

Dalam hal jumlah kejahatan yang dilakukan di negara ini, Denmark berada di peringkat kedua sebagai negara paling damai di dunia, dengan peringkat pertama ditempati oleh Islandia.

Denmark juga dianggap sebagai negara paling bahagia di dunia saat ini.

Seperti di tujuan wisata utama lainnya, wisatawan harus berhati-hati terhadap pencopet, tetapi selebihnya, negara ini adalah negara yang aman untuk dikunjungi.

7. Belanda

Belanda adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Eropa berkat kanal-kanalnya yang indah, landmark bersejarah, dan kehidupan malam yang semarak.

Tahun lalu, Belanda menempati posisi pertama dalam laporan yang sama. Alasan mengapa Belanda tidak lagi menduduki posisi teratas? Pencopetan,

Ini adalah masalah yang sangat nyata di Belanda, terutama di Amsterdam.

Wisatawan disarankan untuk menjaga barang berharga mereka dengan aman dan tidak bepergian dengan membawa terlalu banyak uang tunai saat berada di kota.

Australia telah dibuka kembali dan bisnis pariwisata pun kembali menggeliat.

Pengunjung berbondong-bondong kembali untuk melihat pantai-pantai indah dan margasatwa yang spektakuler, serta menikmati alam bebas di pedalaman.

Yang membuat Australia begitu aman adalah tingkat pembunuhan yang sangat rendah dan sikap ramah warga setempat kepada semua pengunjung.

Namun, waspadalah terhadap cuaca dan margasatwa. Dari ubur-ubur hingga buaya dan ular berbisa, setiap hewan yang kita temui di Australia bisa membawa maut.  

5. Kanada

Hamparan keindahan alamnya yang luas seperti pegunungan dan gletser membuat Kanada menjadi tujuan wisata yang diimpikan, bagi pengunjung dari seluruh dunia.

Kondisi keamanan di sana juga amat membantu. Tingkat kejahatan di Kanada sangat kecil, dan kepadatan penduduknya yang rendah juga membantu memastikan negara ini memiliki catatan keamanan yang sangat baik.

Tingkat kejahatan yang berhubungan dengan senjata api dan tingkat kejahatan dengan kekerasan juga relatif rendah.

4. Norwegia

Pegunungan, melihat ikan paus, dan berpesta di penghujung hari. Ada banyak alasan untuk mengunjungi Norwegia, dan negara ini dianggap sebagai destinasi yang wajib dikunjungi oleh banyak orang.

Norwegia adalah tempat yang sangat aman untuk bepergian dan juga cocok untuk turis yang bepergian seorang diri.

Masalah keamanan utama adalah mewaspadai pencopet.

Stasiun kereta api Oslo Central khususnya dianggap sebagai sarang pencopet, dan para pelancong harus tetap waspada saat melewati daerah tersebut.

3. Selandia Baru

Pemandangannya yang beragam dan masih alami membuat Selandia Baru menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Keindahan yang akan kita temukan di sini benar-benar tidak bisa dilebih-lebihkan.

Tapi Selandia Baru juga merupakan tempat yang sangat aman untuk dikunjungi.

Menurut laporan Berkshire Hathaway Travel Protection, masalah keamanan utama yang perlu diwaspadai oleh para pelancong adalah melanggar pengawasan perbatasan, dengan membawa produk pertanian ke dalam negeri.

2. Islandia

Islandia adalah negara yang sangat indah dengan area hutan belantara yang belum terjamah.

Kita dapat melihat Northern Lights di sini dan akan menemukan alam liar di setiap kesempatan.

Islandia adalah negara yang paling sedikit penduduknya di Eropa dan memiliki rata-rata hanya 82 insiden kriminal yang dilaporkan per hari.

Jumlah tersebut lebih sedikit daripada yang dialami sebagian besar kota di Amerika Serikat dalam satu jam.

Seperti Swiss, cuaca adalah hal yang paling berbahaya yang akan kita temui di Islandia.

Lalu, jalanannya bisa sangat dingin, terutama di bulan-bulan musim dingin. Ini berarti kecelakaan di jalan raya bisa menjadi risiko nyata di negara ini.

1. Swiss

Jam tangan Swiss, pisau tentara Swiss, dan keamanan Swiss. Swiss terkenal sebagai destinasi liburan yang aman dan nyaman.

Wisatawan berkunjung untuk bermain ski, mendaki gunung, dan menikmati pemandangan pegunungan Alpen yang luar biasa.

Swiss dianggap sebagai negara teraman di dunia karena kejahatan dengan kekerasan sangat jarang terjadi di negara ini, dan hampir tidak ada ancaman teroris.

Risiko utama yang mungkin kita hadapi di Swiss adalah bahaya Alpen konvensional.

Ini termasuk longsoran salju dan badai salju, yang biasa terjadi sepanjang tahun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/09/150000020/10-negara-paling-aman-untuk-dikunjungi-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke