Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alat Gym yang Bisa Dicoba untuk Pemula Perempuan

Kompas.com - 26/03/2024, 20:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber US News

KOMPAS.com - Banyak perempuan mungkin merasa bingung dan juga takut saat memulai rutinitas olahraga di tempat gym atau menggunakan alat-alat gym untuk pertama kali.

Namun, seorang trainer di HOA+ (House of Athlete Plus), Alex Lyons mengatakan bahwa tidak ada perempuan yang boleh merasa terintimidasi di gym.

"Alat-alat gym menawarkan cara untuk mempelajari bentuk dan ketegangan yang tepat sehingga kita dapat terus meningkatkan kebugaran seiring dengan bertambahnya kekuatan. Alat gym juga menawarkan kemampuan untuk meningkatkan stabilitas," ungkap Lyons seperti dikutip dari laman US News, Selasa (26/3/2024).

Setelah kita mulai merasa nyaman, Lyons menambahkan, alat-alat gym adalah cara yang bagus untuk memadukan rutinitas olahraga, terutama dengan kombinasi latihan beban berat, latihan kardio dan latihan berdampak rendah.

Baca juga: 7 Latihan di Gym untuk Singkirkan Lemak Perut

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa rekomendasi alat gym yang bisa dicoba untuk pemula perempuan.

Alat gym untuk pemula perempuan

1. Row machine

Row machine bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk semua orang.

Alat ini memungkinkan kita melakukan latihan pinggul untuk otot bokong dan paha belakang, dan gerakan yang kita lakukan baik untuk punggung bagian tengah dan lengan.

Selain itu, row machine juga bagus untuk perempuan yang mengalami masalah postur tubuh karena menghabiskan waktu berjam-jam duduk dan mengetik di meja kerja.

"Jika dilakukan dengan benar, olahraga ini merupakan latihan metabolik, latihan total tubuh yang memperkuat banyak area yang perlu dilakukan oleh para profesional yang bekerja di belakang meja," kata seorang trainer dan terapis pijat di San Francisco, Jonathan Jordan.

Ilustrasi seorang perempuan menggunakan alat hack squat di tempat gym.Shutterstock/MAD_Production Ilustrasi seorang perempuan menggunakan alat hack squat di tempat gym.

2. Hack squat

Hack squat menargetkan semua otot di tubuh bagian bawah, termasuk otot bokong, paha belakang, paha depan, dan betis.

Untuk menggunakannya, sesuaikan beban di setiap sisi sesuai keinginan. Bersandarlah pada sandaran dan kaitkan bahu di bawah bantalan, letakkan kaki selebar bahu di atas platform.

Setelah membuka kunci, jongkoklah hingga lutut mencapai sudut 90 derajat, lalu tekan tumit kembali ke posisi berdiri.

"Ini adalah mesin yang luar biasa untuk berlatih squat dan dapat menambah beban dengan cara yang aman," terang Jenn Costin, trainer yang berbasis di Madison, Wisconsin.

Menurutnya, banyak perempuan yang takut berjongkok dengan barbel dari sudut pandang keamanan, dan ini bisa dimengerti.

Mempelajari gerakan dalam mesin hack squat akan membantu mereka untuk mengangkat beban yang lebih berat, merasakan bagaimana rasanya mendorong beban, dan ini adalah gerakan tubuh bagian bawah yang luar biasa untuk memulai latihan apapun.

Baca juga: Pertama Kali Berolahraga di Gym? Ini Barang yang Wajib Dibawa

Ilustrasi menggunakan alat lat pulldown machine.Shutterstock/antoniodiaz Ilustrasi menggunakan alat lat pulldown machine.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com