Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Pantangan yang Harus Dilakukan Usai Treatment IPL Rejuvenation

Kompas.com - 30/03/2024, 11:11 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakukan treatment wajah di klinik kecantikan, ada beberapa dokter yang menyarankan kamu melakukan pantangan.

Salah satunya treatment IPL Rejuvenation, yakni prosedur perawatan kulit yang berfokus untuk mencerahkan warna kulit, meningkatkan produksi kolagen pada kulit, dan meratakan warna kulit ini dianjurkan untuk melakukan pantangan setelah treatment untuk hasil yang optimal. 

Baca juga: Mengenal Teknologi IPL yang Digunakan untuk Treatment Hair Underarm Removal

Dokter Kecantikan dari ZAP Clinic, Ruth Zechariah Wiyono menjelaskan soal pantangan apa saja yang wajib dilakukan setelah melakukan treatment IPL Rejuvenation. Apa saja?

Pantangan setelah treatment IPL Rejuvenation

1. Hindari terkena paparan sinar matahari langsung

Ilustrasi menggunakan sunscreen jam 7 pagi. Ilustrasi menggunakan sunscreen jam 7 pagi.

Ruth mengatakan, setelah menjalankan treatment IPL Rejuvenation, kulit akan lebih sensitif dan rentan terkena iritasi. 

Maka dari itu, ia pun menyarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan menggunakan sunscreen serta pelembap wajah setiap hari. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

“Jangan panas-panasan dulu, pakai payung atau topi jadi wajah tidak terkena sinar matahari langsung. Wajib pakai sunscreen dan pelembap setiap hari,” kata Ruth kepada Kompas.com, Rabu (27/3/2024). 

2. Tidak boleh menggunakan makeup

Ilustrasi makeupfreepik Ilustrasi makeup

Selain itu, Ruth juga menganjurkan para pasien yang baru melakukan treatment IPL Rejuvenation untuk tidak mengenakan makeup, terutama 12 jam setelah treatment berlangsung. 

Baca juga: Langkah Makeup Simple untuk Bukber

“Jangan pakai makeup dulu. Boleh (pakai makeup), tapi jangan yang berat-berat. Pakai cushion gitu bisa, tapi kalau complexion-nya terlalu tebal, lebih baik jangan dipakai dulu,” lanjut Ruth. 

Hal ini dilakukan lantaran kulit wajah perlu “bernapas” dan pulih dengan baik. Sehingga, pastikan produk yang digunakan tidak menyumbat pori-pori. 

3. Jangan cuci muka pakai air hangat

Jangan langsung cuci muka setelah panas-panasan. Freepik/pvproductions Jangan langsung cuci muka setelah panas-panasan.

Sama halnya dengan terpapar sinar matahari secara langsung, mencuci muka dengan air hangat juga akan menyebabkan iritasi pada kulit pada orang yang baru saja menjalani treatment IPL. 

Oleh karena itu, Ruth melarang para pasien IPL Rejuvenation untuk tidak mencuci muka dengan air hangat selama kurang lebih tujuh hari berturut-turut.

Baca juga: Jangan Langsung Cuci Muka Setelah Panas-panasan, Ini Sebabnya

“Jangan sauna atau mandi air hangat dulu, terus kalau bisa jangan berenang dulu ya selama tujuh hari ke depan,” tambahnya. 

4. Jangan pakai skincare yang mengandung bahan aktif

Ilustrasi penggunaan serum wajah yang tepatDok. Shutterstock/Auttapol Tatiyarat Ilustrasi penggunaan serum wajah yang tepat

Terakhir, Ruth meminta untuk tidak menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif selama tiga hari berturut-turut, seperti retinol atau skincare yang berfungsi untuk eksfoliasi. 

Skincare yang punya bahan aktif kayak retinol dan yang fungsinya untuk peeling itu jangan dipakai dulu selama tiga hari terhitung dari hari treatment. Misalnya treatment di hari Rabu, berarti hari Sabtu baru boleh dipakai lagi,” 

“Tapi kalau skincare yang bersifat melembapkan seperti moisturizer, itu justru wajib digunakan ya,” pungkas Ruth.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com