Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2024, 15:56 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com -  Baju warna pastel menjadi salah satu favorit para perempuan, karena mampu menampilkan kesan fresh dan stylist. 

Warna pastel identik dengan warna-warna lembut yang klasik dan tidak lekang oleh waktu alias timeless, sehingga kamu bisa memakainya setiap saat, dilansir dari Cosmopolitan.

Baca juga: 5 Pilihan Baju Warna Pastel buat Perempuan Agar Tampak Lebih Muda 

Dengan mix and match alias cara padu padan yang tepat, baju warna pastel akan menampilkan kesan trendi.

Berikut tips mix and match baju warna pastel buat perempuan, dihimpun Kompas.com dari Cosmopolitan dan InStyle. 

1. Monokromatik 

Ilustrasi perempuan pakai baju baby pink, rekomendasi  warna pastel untuk bajuShutterstock/Victoria Fox Ilustrasi perempuan pakai baju baby pink, rekomendasi warna pastel untuk baju

Kamu bisa mix and match baju warna pastel dengan konsep monokrom. Perlu diketahui, monokrom merupakan susunan warna yang berasal dari satu turunan. 

Jadi, pilih satu warna dan pertahankan warna utama tersebut pada seluruh baju warna pastel kamu. Misalnya, memadukan outfit warna baby pink, dusty pink, rose pink, dan sebagainya. 

2. Minimalis 

Jika ingin tampil minimalisme, tidak mencolok, namun tetap punya kesan lembut, maka padukan baju warna pastel dengan warna netral. Warna-warna netral dapat mengimbangi kecerahan baju warna pastel. 

Misalnya, padukan baju warna pastel dengan bawahan hitam dan abu-abu. Cara mix and match ini merupakan teknik styling baju warna pastel paling mudah, namun tetap bisa menonjolkan ciri khas warna pastel. 

Baca juga: Kiat Tumpuk Warna Busana Berwarna Pastel

3. Padukan warna pastel 

Ilustrasi mix and match baju pastelShutterstock/Nataliass Ilustrasi mix and match baju pastel

Selanjutnya, kamu bisa memadukan maksimal tiga baju warna pastel dengan menggunakan teknik color blocking

Adapun color blocking merupakan teknik styling yang menggabungkan dua sampai tiga warna dalam satu outfit. Namun, hindari memilih pakaian dengan desain maupun motif terlalu ramai. 

4. Padukan dengan warna cerah 

Untuk menghasilkan tampilan yang fresh dan eye-catching, cobalah untuk memadukan warna-warna pastel dengan warna yang lebih cerah.

Prinsipnya, ambil salah satu warna pastel dan pilih warna senada, namun lebih cerah. Misalnya, warna baby pink dengan pink fuchsia

Dengan teknik mix and match ini, kamu dapat mengurangi kesan manis dan feminin pada baju warna pastel, namun tetap mempertahankan gaya yang unik. 

Baca juga: Tren Baju Lebaran 2024, Didominasi Warna Pastel hingga Motif Bunga

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com