Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samba, Gazelle, dan Spezial, Tiga Sepatu Adidas yang Kembali Populer

Kompas.com - 26/04/2024, 12:22 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Beberapa waku lalu, sepatu Adidas Samba sempat menjadi perbincangan karena dikenakan oleh Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam wawancara di kantornya di Downing Street.

Meski beberapa netizen menilai sepatu itu tidak cocok dengan busana resmi yang dikenakan Sunak, hal ini justru membuktikan bahwa seri Samba--yang belakangan sangat populer--dipilih banyak orang untuk dipakai pada berbagai kesempatan.

Berbeda dengan perkiraan banyak orang, Samba pada awalnya tidak diciptakan untuk Piala Dunia atau terinspirasi langsung oleh tarian Brasil yang disebut samba.

Sebaliknya, sepatu ini dirancang oleh pendiri Adidas, Adolf Dassler, tahun 1949 untuk pertandingan sepak bola di Jerman pada tahun 1950-an, di mana performanya yang luar biasa di lapangan es membuatnya mendapat julukan "Samba". 

Namun, karena Adidas Samba diluncurkan menjelang Piala Dunia 1950 di Brasil yang terkenal dengan tarian samba, nama ini pun melekat makin kuat.

Baca juga: 5 Fakta Adidas Samba, Sempat Ramai Dibahas karena Dipakai PM Inggris

Adi Dassler dengan adidas Samba Adi Dassler dengan adidas Samba
Menurut situs adidas.com, sebelum Piala Dunia, tim Jerman sudah mengenakan sepatu yang dirancang khusus untuk lapangan es dan bersalju, dengan outsole bermotif lingkaran, cangkir terbalik, serta motif waffle, untuk memberikan traksi dan stabilitas yang lebih baik kepada pemain. 

Berdasarkan kesuksesan ini, Adidas terus menyempurnakan sepatu Samba selama bertahun-tahun, sehingga sejak tahun 1972 menjadi bentuk yang kita kenal saat ini.

Sepatu ini dengan cepat disukai orang karena memiliki bantalan pergelangan kaki dan tumit yang lembut untuk perlindungan kaki belakang, sedangkan vamp kulit rendah di area kaki depan membuat penggunanya mampu penanganan bola dengan baik.

Dalam perjalanannya, Adidas Samba juga dipakai oleh para fans sepak bola hingga penggemar musik. Maka tak heran di banyak pertandingan sepak bola dan konser-konser musik, banyak orang yang datang mengenakan samba.

Karena makin populer, Samba pun dibuat dalam beberapa warna dan dipakai untuk banyak kolaborasi sehingga memperkuat statusnya sebagai produk fesyen. 

Velosamba, seri terbaru adidas samba untuk bersepedaadidas Velosamba, seri terbaru adidas samba untuk bersepeda
Kini di lapangan futsal, jalanan, kereta komuter, dan mal, kita akan dengan mudah menemukan seseorang yang mengenakan Adidas Samba.

Sepatu yang awalnya merupakan sepatu sepak bola khusus untuk lapangan es di Jerman telah berkembang menjadi simbol ikonik budaya mode dan pakaian olahraga di seluruh dunia. 

Maka, barangkali tidak salah juga bila Rishi Sunak yang memang sejak lama suka memakai sepatu Samba, mengenakannya juga dengan pakaian resmi, walau diomeli "netizen pemerhati mode".

Baca juga: 5 Sepatu Populer Adidas, Berasal dari Lapangan Berbeda, Kini Menjadi Bagian Gaya Hidup

Adidas Gazelle

Nah, menyusul kesuksesan Samba, Adidas merilis dua sepatu ikonik lainnya, yaitu Adidas Gazelle dan Spezial di tahun 1980-an. 

Sebenarnya Adidas Gazelle sudah terlihat pada tahun 1966. Gazelle merupakan penyempurnaan dari sepatu lari bernama Olympiade yang diciptakan Adidas sebelumnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com