Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana dengan Warna dan Motif Ceria untuk Mood yang Gembira

Kompas.com - 28/04/2024, 09:09 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kamu mungkin secara naluriah mengetahui bahwa ada hubungan antara warna dan emosi. Beberapa orang contohnya, mengenakan warna merah untuk menonjolkan diri atau mengintimidasi. Tak heran bila warna jersey klub sepakbola kebanyakan merah.

Ada juga yang mengenakan warna biru pucat agar terasa tenang, atau biru gelap untuk memunculkan rasa percaya diri. Bahkan untuk beberapa budaya, warna hitam digunakan untuk menggambarkan kemurungan, kegelisahan, atau kesedihan. 

Warna memang sangat erat kaitannya dengan emosi. Tak heran bila ada kata-kata tertentu yang menggunakan warna untuk menggambarkan perasaan. Misalnya "feeling blue" sebagai kata ganti sedih, "seeing red" sebagai tanda terkejut, atau "in the pink" sebagai ungkapan kondisi yang baik-baik saja.

Baca juga: Cara Menemukan Warna yang Cocok Untukmu

Warna dan emosi

Lebih jelasnya, berikut panduan singkat hubungan warna dan emosi:

Warna-warna ceria: kuning, oranye, merah jambu, merah, peach, dan ungu

Warna-warna ceria biasanya dianggap warna-warna cerah dan hangat, seperti kuning, oranye, merah jambu dan merah, atau warna-warna pastel, seperti peach, merah muda muda, dan ungu. Semakin cerah dan terang warnanya, pemakainya akan semakin bahagia dan optimis. 

Warna sedih: abu-abu, coklat, krem, dan biru tua

Warna sedih biasanya gelap, kalem dan netral, seperti abu-abu, coklat, krem, serta nuansa biru dan hijau tertentu yng lebih tua. Dalam budaya Barat, hitam sering dianggap sebagai warna berkabung, sedangkan di beberapa negara Asia Timur, warna putih dianggap sebagai warna berkabung.

Warna yang menenangkan: biru, hijau, biru muda, ungu muda, mint, putih, dan abu-abu

Ingin bersantai? Gunakan warna-warna sejuk, seperti biru dan hijau, warna-warna pastel yang dingin seperti baby blue, lilac, dan mint, serta warna-warna netral, seperti putih dan abu-abu. Desain sederhana yang menggunakan lebih sedikit warna cenderung lebih menenangkan.

Warna yang memberi energi: merah cerah, kuning, hijau neon, pirus, magenta, dan hijau zamrud

Ingin bersemangat? Warna-warna yang kuat, cerah, berpigmen tinggi, dan warna neon dapat memberikan efek memberi energi pada emosi kita. Warna-warna ini berani dan menonjol dari lingkungannya, itulah sebabnya bisa membuat kita merasakan energi yang sama.

Baca juga: 5 Pilihan Baju Warna Pastel buat Perempuan Agar Tampak Lebih Muda 

koleksi Uniqlo x Marimekko Summer 2024 koleksi Uniqlo x Marimekko Summer 2024
Nah, karena kekuatannya, warna pun dipakai dalam desain busana yang dimaksudkan untuk acara-acara tertentu. Umumnya warna-warna cerah digunakan untuk koleksi musim panas yang menggambarkan keceriaan, sedangkan warna-warna kalem dipakai untuk suasana yang lebih rileks dan tenang.

Salah satu koleksi terbaru yang menghadirkan keceriaan warna-warni khas musim panas layaknya suasana piknik yang seru adalah rilisan Uniqlo x Marimekko Summer 2024 yang akan diluncurkan tanggal 10 Mei 2024 mendatang.

Perusahaan pakaian asal Jepang ini menjalin kolaborasi dengan rumah mode asal Finlandia, Marimekko untuk menampilkan siluet pakaian yang simpel dan nyaman dengan menampilkan motif khas Marimekko yang unik dan berani. 

Koleksi yang playful ini memberikan tampilan yang stylish untuk beraktivitas di luar ruangan dan menambah keceriaan saat berkumpul bersama teman, keluarga, serta orang terkasih.

Baca juga: Warna Pakaian yang Membuatmu Tampil Lebih Menarik

Enam motif Marimekko yang khas 

Koleksi terbaru ini menampilkan enam motif grafis Marimekko yang ikonis, yang menghadirkan suasana menyenangkan musim panas dari empat desainer Marimekko. Koleksi ini menghadirkan pola dari tiga dekade, yaitu tahun 1950-an, 1960-an, dan 1970-an. 

Karakter berani khas desainer Maija Isola hadir dalam motif grafis Melooni (buah melon), lalu motif Asema (stasiun) karya Pentti Rinta berpadu unik dengan motif bunga abstrak Ruukku (pot bunga) karya Maija Isola, serta motif Demeter karya Katsuji Wakisaka. 

Guna memberi harmoni pada corak tabrak yang abstrak, tampil pula motif Lirina (bunyi gemericik air) bergelombang karya Rinta, dan motif Galleria (galeri) karya Vuokko Eskolin-Nurmesniemi. Seluruh motif ceria yang hadir ini memiliki makna, mulai dari garis-garis tebal hingga motif bunga abstrak. 

Untuk gaya summer yang cocok dengan iklim tropis di Indonesia, tersedia berbagai macam gaun, dilengkapi dengan aksesoris seperti topi bucket proteksi sinar UV, sepatu slip on kanvas, juga tas bahu mini bulat dengan motif yang playful. 

Selain item Womens dan Girls, koleksi terbaru ini juga tersedia untuk bayi. Pakaian musim panas dapat berupa kombinasi antara kemeja dan T-shirt serta rok dengan motif yang senada.

Dengan warna-warna ceria dan motif menarik, koleksi ini bisa menemani acara-acara gembira, sekaligus memperkuat suasana dan mood pemakainya.

Baca juga: Warna Baju Bisa Membuat Tampak Tua atau Muda, Mana yang Harus Dipilih?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com