Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Pakaian yang Bisa Menyembunyikan Noda Keringat

Kompas.com - 10/02/2024, 14:35 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com -  Saat cuaca panas, kamu pasti merasa gerah dan tidak ingin terlalu berkeringat. Tapi sulit menghindari hal tersebut di negara tropis ini kan?

Keringat memang bisa mengganggu penampilan apalagi bila baju kita basah karenanya. Untunglah kita bisa menyembunyikan bercak keringat lewat warna baju tertentu.

Warna-warna ini akan membantu kita mengaburkan kelembapan, meskipun ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga.

Pertimbangan yang paling penting adalah jenis kain. Penata gaya mengatakan kita harus memilih bahan yang menyerap keringat atau menyerap kelembapan seperti katun dan linen.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Keringat Berlebihan Saat Cuaca Semakin Panas

Kirsten Angeli, penata gaya dan konsultan branding yang tinggal di New York City, mengatakan, "Tidak ada warna pelangi yang bisa menyembunyikan noda keringat pada sutra." 

Bila kamu sudah menemukan kain yang cocok, kini tinggal menemukan warna yang tepat untuk menyembunyikan keringat agar kita dan orang lain yang melhat tidak merasa risih.

5 Warna terbaik untuk dipakai jika kamu berkeringat banyak

1.  Hitam

Ilustrasi pria dengan kaus hitam Ilustrasi pria dengan kaus hitam
Para penata gaya setuju bahwa satu warna lebih unggul dari warna lainnya dalam hal menyamarkan noda keringat: Hitam.

“Warna gelapnya menyerap cahaya, membuat noda menjadi kurang terlihat,” kata Ingrid Leo, salah satu pendiri Style with Ingrid. "Ditambah lagi, hitam cocok dipadukan dengan warna netral dan corak lainnya."

James Thomson-Sakhrani, pendiri Style Standard, platform gaya dan dandanan pria, setuju bahwa warna hitam efektif menyembunyikan berbagai ketidaksempurnaan, termasuk keringat.

“Dari kerutan dan noda, hingga keringat dan tumpahan, warna hitam akan menyembunyikan lebih banyak dibandingkan warna lain,” jelasnya. 

"Kelemahan dari warna hitam adalah lebih menyerap panas daripada warna yang lebih terang, sehingga kamu mungkin akan lebih banyak berkeringat."

Baca juga: 7 Kesalahan Saat Mengenakan Pakaian Hitam

2. Abu-abu arang

Ilustrasi abu-abu sebagai salah satu warna netral.FREEPIK Ilustrasi abu-abu sebagai salah satu warna netral.
Warna abu-abu terang jelas menonjolkan noda keringat, namun Thomson-Sakhrani mengatakan warna yang lebih gelap dapat menimbulkan efek sebaliknya.

“Sama seperti hitam, abu-abu arang adalah warna kuat yang membantu memadukan noda keringat dengan latar belakang. Pilih warna yang cukup gelap agar noda keringat tidak terlihat,” sarannya.

3. Biru laut

Ilustrasi outfit biru navy.SHUTTERSTOCK/CREATIVE LAB Ilustrasi outfit biru navy.
Leo juga merekomendasikan warna biru tua. "Mirip dengan hitam, warnanya yang lebih gelap membantu menutupi bekas keringat. Selain itu biru laut menawarkan tampilan canggih dan klasik, cocok untuk suasana profesional dan kasual."

Thomson-Sakhrani setuju bahwa biru laut adalah pilihan yang bagus "ketika warna hitam atau abu-abu terlalu dramatis untuk dikenakan". 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com