Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2024, 16:02 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Semua orang ingin hasil foto dirinya terlihat menakjubkan. Namun untuk mendapatkan foto yang bagus, perlu beberapa faktor yang saling berhubungan.

Kamu perlu mendapatkan cahaya yang bagus, wajah yang sedang berseri, latar yang mendukung, riasan dan tatanan rambut sempurna, serta mengenakan pakaian yang tepat. 

Biasanya para fotografer profesional menciptakan keajaiban itu secara sengaja dan mereka punya beberapa trik untuk mewujudkannya—termasuk mengetahui warna pakaian terbaik untuk berfoto.

Baca juga: Warna yang Cocok Dikenakan Saat Kencan Pertama, Jangan Salah

Faktanya, beberapa warna ternyata menghasilkan gambar lebih bagus dalam foto. Lalu warna apa saja yang bisa kita pakai untuk sesi foto selanjutnya? 

5 Warna terbaik untuk dipakai berfoto

1. Biru Laut

Ilustrasi pakaian warna biru navy di pantai.Dok. Shutterstock/Yuliia Kosynska Ilustrasi pakaian warna biru navy di pantai.
Biru laut adalah warna klasik sehingga bisa dibilang netral. Tidak peduli warna kulit atau warna rambutmu, biru laut akan membuat kamu menonjol dalam sebuah gambar.

Kari Bjorn, seorang fotografer pernikahan di Northwest Arkansas, mencatat bahwa warna ini bekerja baik untuk foto di dalam dan luar ruangan, tetapi khususnya lebih bersinar di luar ruangan.

“Saya selalu ingin subjek saya menonjol dari latar belakang, dan warna biru laut membantu mewujudkannya di semua musim,” kata Bjorn. "Biru laut umumnya sangat kontras dengan semua warna di sekitar kita, yang kebanyakan hijau, oranye, merah, atau coklat."

Warna biru laut juga memiliki efek melangsingkan yang mirip dengan hitam namun tanpa kesan suram.

Baca juga: 5 Warna Pakaian yang Bisa Menyembunyikan Noda Keringat

2. Merah

Ilustrasi perempuan dengan gaun merah Ilustrasi perempuan dengan gaun merah
Merah adalah warna lain yang akan membuat kamu menonjol saat difoto.

“Merah menarik perhatian, dan jika saya ingin mata pemirsa tertuju pada seseorang di foto saya, saya lebih suka mereka memakai warna merah sehingga menjadi hal yang paling mencolok dalam foto,” kata Bjorn.

Rupanya, ini adalah taktik umum dalam industri: "Fotografer Life dan National Geographic terkenal menempatkan orang dalam pakaian merah karena alasan yang sama," jelas Bjorn.

Jika warna merah cerah terasa terlalu berani, pilihlah warna merah anggur atau burgundy.

3. Hijau tua

Ilustrasi perempuan dengan jaket hijau Ilustrasi perempuan dengan jaket hijau
Pilihlah warna hijau tua jika kamu merasa unik.

“Warna hijau tua dapat membantu menonjolkan warna kulit dan menonjolkan subjek di berbagai latar belakang,” kata Charles Moll, fotografer pernikahan di Montana. 

“Warna yang kaya menciptakan pemisahan yang baik antara subjek dan latar belakang, yang membantu subjek menonjol dan menciptakan foto yang lebih dinamis.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com